Implementasi teknik behavior chart untuk mengendalikan perilaku kecanduan gadget pada seorang anak usia 5 tahun di Desa Sidomojo Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Permatasari, Cut Indah (2022) Implementasi teknik behavior chart untuk mengendalikan perilaku kecanduan gadget pada seorang anak usia 5 tahun di Desa Sidomojo Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Cut Indah Permatasari_B93218180 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola penerapan proses konseling dan perubahan perilaku pada diri konseli. Peneliti berfokus pada penerapan teknik behavior chart untuk mengendalikan perilaku kecanduan gadget pada seorang anak usia 5 tahun di Desa Sidomojo Kabupaten Sidoarjo, sehingga peneliti dapat mengetahui perubahan perilaku konseli. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya, data di lapangan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif komparatif yang membandingan proses pra dan pasca treatmen dengan teknik behavior chart, sehingga peneliti dapat melihat perubahan konseli dengan treatmen yang digunakan. Hasil penelitian dengan menggunakan Teknik Behavior Chart memberikan perubahan pada perilaku kecanduan gadget. Perubahan perilaku berasal dari target-target yang ditetapkan peneliti yang diperkuat dengan penguatan positif pada skedul harian. Skedul harian digunakan untuk mengkondisikan penggunaan gadget pada konseli. Hasil penelitian berupa konseli mampu untuk menyimpan gadget di waktu tertentu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Permatasari, Cut Indahcutindah08@gmail.comB93218180
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBasyid, Abdul--2001096001
Subjects: Bimbingan Konseling
Terapi
Keluarga > Keluarga - Anak
Keywords: Teknik Behavior Chart; Kecanduan Gadget, Bagan Behavior Chart.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Cut Indah Permatasari
Date Deposited: 29 Jun 2023 13:16
Last Modified: 29 Jun 2023 13:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57078

Actions (login required)

View Item View Item