Analisis akuntabilitas pengelolaan keuangan Desa di Desa Sepande Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kusumadaru, Hayudian (2022) Analisis akuntabilitas pengelolaan keuangan Desa di Desa Sepande Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hayudian Kusumandaru_G72218037.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui akuntabilitas pengelolaan keuangan desa pada Desa Sepande Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo pada tahun 2021 yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, pertanggungjawaban pengelolaan keuangan desa menurut Permendagri No. 113 Tahun 2014. Pengelolaan keuangan desa mempunyai tiga prinsip yaitu akuntabilitas, transparansi dan value for money. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif sedangkan Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini yaitu Kepala Desa, Kaur Pemerintahan, Kaur Keuangan, Sekretaris, Ketua BPD, dan masyarakat. Alat analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan pengelolaan keuangan pada Desa Sepande pada tahun 2021 sudah menerapkan tiga prinsip pengelolaan kauangan, yaitu : akuntabel, transparan, serta value for money yaitu efisien, efektif, serta ekonomis. Pengelolaan keuangan desa yang yang dilakukan Desa Sepande juga sudah sesuai pada Permendagri No. 113 Tahun 2014. Transparansi yang dilakukan sudah sesuai dengan Permendagri No. 113 Tahun 2014 dimana desa sudah mmenyampaikan kepada masyarakat melalui media informasi serta dilakukannya musyawarah bersama dengan perwakilan warga desa. Value for money untuk pengelolaan keuangan desa yang mengukur tiga indicator yaitu ekonomis, efisiensi, serta efektivitas telah dilakukan dengan baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kusumadaru, Hayudianhayudiankn@gmail.comG72218037
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLating, Ade Irma Suryaniade.irma@uinsby.ac.id199110012019032020
Subjects: Akuntansi
Keywords: Akuntansi; Pengelolaan Keuangan Desa; Akuntabilitas; Permendagri No. 113 Tahun 2014
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Hayudian Kusumandaru
Date Deposited: 10 Jul 2023 07:07
Last Modified: 10 Jul 2023 07:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57082

Actions (login required)

View Item View Item