Analisis pemanfaatan E-Commerce dalam meningkatkan pendapatan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) pada masa Pandemi Covid-19 ditinjau dari maslahah mursalah: studi kasus sentra Wisata kuliner Convention Hall Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulida, Naila Rizky (2022) Analisis pemanfaatan E-Commerce dalam meningkatkan pendapatan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) pada masa Pandemi Covid-19 ditinjau dari maslahah mursalah: studi kasus sentra Wisata kuliner Convention Hall Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Naila Rizky Maulida_G94218206.pdf

Download (2MB)

Abstract

Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Kemudian teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara pada Pelaku UMKM di Sentra Wisata Kuliner Convention Hall Kota Surabaya yang menggunakan e-commerce dalam menjalankan usahanya, dan dokumentasi. Teknik pengolahan data yang dilakukan yaitu pemeriksaan data (editing), pengorganisasian data (organizing), dan analisis data (analyzing). Dan tahap untuk menganalisis data yaitu mereduksi data, menyajikan data, lalu menarik kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu 1) Praktik pemanfaatan e-commerce yang dilakukan oleh Pelaku UMKM di Sentra Wisata Kuliner Convention Hall Kota Surabaya terdapat tiga tahapan dalam mekanismenya yaitu tahap information sharing, tahap proses pemesanan produk, dan tahap aktivitas purna jual. Manfaat dalam menggunakan e-commerce tidak hanya dirasakan oleh para pedagang, namun juga dirasakan oleh konsumen, masyarakat, serta driver online. 2) Peran pemanfaatan e-commerce dalam meningkatkan pendapatan Pelaku UMKM di Sentra Wisata Kuliner Convention Hall Kota Surabaya pada masa pandemi covid 19 telah sesuai dengan mas}lah}ah mursalah, karena telah memenuhi syarat mas}lah}ah mursalah sebagaimana dikemukakan oleh al-Ghazali, as-Syatibi, dan Abdul Wahab K}alla>f, serta peran pemanfaatan e-commerce tersebut dapat membantu meningkatkan pendapatan para pedagang yang menurun akibat adanya kebijakan di masa pandemi covid-19 yang mengakibatkan SWK sepi pengunjung, sehingga dengan adanya pendapatan online dari penjualan melalui e-commerce dapat menambah pendapatan offline para pedagang yang menurun di masa pandemi covid-19. Saran dalam penelitian ini yaitu bagi para Pelaku UMKM diharapkan untuk lebih meningkatkan kemampuan diri agar dapat terus menggunakan e-commerce dalam melakukan penjualan serta terus memanfaatkan fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi agar dapat memaksimalkan penjualannya. Bagi pihak Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perdagangan Kota Surabaya diharapkan untuk terus memberikan dampingan pada para Pelaku UMKM di Sentra Wisata Kuliner Convention Hall agar terus mengupgrade kemampuan diri dan memanfaatkan teknologi sebagai sarana mengembangkan usahanya dan meningkatkan ekonomi keluarga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulida, Naila Rizkynaila.maulida06@gmail.comG94218206
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAzizah, Imroatulimroatul.azizah@uinsby.ac.id2011087302
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: E-Commerce; Pelaku UMKM; Maslahah Mursalah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Naila Rizky Maulida
Date Deposited: 19 Apr 2023 15:01
Last Modified: 19 Apr 2023 15:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57099

Actions (login required)

View Item View Item