Analisis implementasi akad murabahah pembiayaan Griya Hasanah pada PT Bank Syariah Indonesia Kc Surabaya Basuki Rahmat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Fajar, Mauladina Faizah (2022) Analisis implementasi akad murabahah pembiayaan Griya Hasanah pada PT Bank Syariah Indonesia Kc Surabaya Basuki Rahmat. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mauladina Faizah Al Fajar_G04218033 OK.pdf

Download (2MB)

Abstract

Akad murabahah diterapkan sebagai akad produk pembiayaan untuk membiayai pembelian barang-barang konsumsi (consumer), kebutuhan modal kerja, dan kebutuhan investasi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi akad murabahah pembiayaan griya hasanah pada PT Bank Syariah Indonesia KC Surabaya Basuki Rahmat? dan bagaimana tinjauan ekonomi syariah pada implementasi akad murabahah pembiayaan griya di Bank Syariah Indonesia KC Surabaya Basuki Rahmat?. adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan serta menganalisis tentang implementasi akad murabahah pembiayaan griya hasanah pada PT Bank Syariah Indonesia KC Surabaya Basuki Rahmat. dan untuk mengkaji dan mengetahui tinjauan ekonomi syariah pada implementasi akad murabahah pembiayaan griya di Bank Syariah Indonesia KC Surabaya Basuki Rahmat.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang langsung dilakukan di lapangan atau pada responden. Selain itu penelitian ini juga menggunakan penelitian kepustakaan (library research), yaitu penelitian yang menggunakan literatur (kepustakaan), baik berupa buku-buku ekonomi syariah (kitab fiqih muamalah, fatwa DSN MUI No. 4 tahun 2000 Tentang Murabahah). Serta didukung dengan hasil wawancara dari narasumber yaitu dengan bapak Busono Wibowo selaku bagian Financing Complaince and Legal Administration di Regional Financing Operation Bank Syariah Indonesia Surabaya. Dalam implementasinya Bank Syariah tidak menjual barang kepada nasabah, melainkan memberikan sejumlah uang yang dikuasakan kepada nasabah dengan menggunakan akad wakalah untuk membeli sendiri barang yang dibutuhkan nasabah, selanjutnya nasabah memberitahu bank atas barang yang akan dibeli, pihak bank memeriksa barang tersebut apakah telah sesuai dengan kesepakatan yang telah disepakati, apabila telah sesuai maka pihak bank dengan nasabah dapat melanjutkan ke akad jual-beli dengan akad murabahah.Berdasarakn hasil penelitian ini, Implementasi akad murabahah pada pembiayaan Griya Hasanah di Bank Syariah Indonesia KC Surabaya Basuki Rahmat telah sesuai dengan prinsip-prinsip syariah serta tinjauan ekonomi syariah yang dikaji dengan Fatwa Dewan Syariah Nasional MUI No. 4/DSN/MUI/IV/2000, walaupun dalam prosesnya masih terdapat beberapa tahapan yang harus diperbaiki, namun secara keseluruhan di dalam produk pembiayaan griya hasanah tidak mengandung unsur riba, gharar, judi, haram dan zalim, oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penerapan prinsip syariah pada produk pembiayaan griya hasanah di Bank Syariah Indonesia KC Surabaya Basuki Rahmat secara konsisten tetap diterapkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Fajar, Mauladina Faizahmauladinafaizah42194@gmail.comG04218033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNurlailah, Nurlailahlaila.nurlailah@gmail.com2022056201
Subjects: Bank Islam
Ekonomi Islam
Murabahah
Keywords: Akad murabahah; Pembiayaan griya; Bank syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mauladina Faizah
Date Deposited: 23 Oct 2023 11:55
Last Modified: 23 Oct 2023 11:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57103

Actions (login required)

View Item View Item