Pengaruh penerapan model pembelajaran Blended Learning tipe Flipped Classroom terhadap keaktifan belajar siswa di SMPN 3 Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abdillah, Ahmad Fikri Afif (2022) Pengaruh penerapan model pembelajaran Blended Learning tipe Flipped Classroom terhadap keaktifan belajar siswa di SMPN 3 Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Fikri Afif Abdillah_D01218005.pdf

Download (1MB)

Abstract

Regulasi yang berlaku di kota Sidoarjo dan diterapkan di SMPN 3 Waru pada saat pandemi adalah pembelajaran yang dilakukan di sekolah (tatap muka) hanya berjumlah sebanyak 1/3 dari jumlah kesuluruhan murid yang ada di dalam kelas tersebut. Dan 2/3 sisanya melaksanakan pembelajaran secara daring di rumah masing-masing di waktu jam pelajaran yang sama. Rumusan masalah penelitian ini, meliputi: 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran Blended learning tipe flipped classroom pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 3 Waru Sidoarjo? 2)Bagaimana keaktifan belajar siswa dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 3 Waru Sidoarjo? 3) Adakah pengaruh penerapan model pembelajaran Blended learning tipe flipped classroom terhadap keaktifan belajar siswa dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMPN 3 Waru Sidoarjo?. Penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional dan jenis penelitian field reseach. Pendekatan korelasional bertujuan untuk mencari pengaruh atau sebab akibat. Pada penelitian ini mengidentifikasi pengaruh penerapan model pembelajaran blended learning tipe flipped classroom terhadap keaktifan belajar siswa di SMPN 3 Waru Sidoarjo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh penerapan model pembelajaran Blended Learning tipe Flipped Classroom Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Keaktifan Belajar Siswa di SMPN 3 Waru Sidoarjo regresi linier sederhana 5.279 yang berarti model pembelajaran Blended Learning tipe Flipped Classroom berpengaruh terhadap keaktifan belajar siswa. Selanjutnya nilai korelasi / hubungan (R) yaitu 0, 188 yang memiliki arti bahwa model pembelajaran Blended Learning tipe Flipped Classroom Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam mengalami peningkatan dengan presentase sebesar 20,2%. Dengan demikian terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Blended Learning tipe Flipped Classroom Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Keaktifan Belajar Siswa di SMPN 3 Waru Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abdillah, Ahmad Fikri Afifafifabdillah214@gmail.comD01218005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTolchah, Moch.--2005035301
Thesis advisorSyafi'i, Imam--2020117003
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan
Keywords: Pembelajaran KombinasKeaktifan Belajar Siswa; Pendidikan AgamIslam.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: AHMAD AFIF ABDILLAH
Date Deposited: 21 Jun 2023 02:33
Last Modified: 21 Jun 2023 02:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57105

Actions (login required)

View Item View Item