Pengembangan media pembelajaran Turba pada mata pelajaran matematika berbasis android

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alfi, Inka Nurul Ulil (2022) Pengembangan media pembelajaran Turba pada mata pelajaran matematika berbasis android. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Inka Nurul Ulil Alfi_D74218029 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran matematika khususnya materi turunan masih jarang dilakukan pada sekolah tingkat menengah atas, akibatnya banyak peserta didik yang kurang paham dengan materi yang disampaikan oleh guru menggunakan metode ceramah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu dikembangkan media pembelajaran Turba (turunan bawah) berbasis android. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan media pembelajaran Turba pada mata pelajaran matematika berbasis android, mendeskripsikan kevalidan media pembelajaran Turba pada mata pelajaran matematika berbasis android, mendeskripsikan kepraktisan media pembelajaran Turba pada mata pelajaran matematika berbasis android. Media pembelajaran Turba yang dikembangkan mengacu pada model pengembangan R&D. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa catatan lapangan dan angket validasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis catatan lapangan, analisis kevalidan media dan analisis kepraktisan media. Pembuatan media pembelajaran Turba menggunakan aplikasi Adobe Animate CC 2020 dengan hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang diberi nama “Turba” dinyatakan valid oleh validator ahli materi dan validator ahli media dengan nilai rata-rata 4,19 dan dinyatakan praktis dengan nilai kepraktisan sebesar 4,71 dengan kategori dapat digunakan tanpa revisi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alfi, Inka Nurul Ulilinkasyam19@gmail.comD74218029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSadieda, Lisanul Uswahlisanuluswah@uinsby.ac.id2026098302
Thesis advisorLubab, Ahmadahmadlubab@uinsby.ac.id2011118102
Subjects: Matematika
Teknologi
Keywords: Media Pembelajaran; Turba
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Inka Nurul Ulil Alfi
Date Deposited: 19 Jul 2023 14:47
Last Modified: 19 Jul 2023 14:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57112

Actions (login required)

View Item View Item