Analisis kinerja keuangan Bank Syariah Indonesia sebelum dan sesudah merger dengan menggunakan metode RGEC

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Deviana, Avinda (2022) Analisis kinerja keuangan Bank Syariah Indonesia sebelum dan sesudah merger dengan menggunakan metode RGEC. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Avinda Deviana_G94218159.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Kinerja Keuangan Bank Syariah Indonesia Sebelum dan Sesudah Merger Dengan Menggunakan Metode RGEC” merupakan penelitian kualitatif terkait kinerja keuangan Bank Syariah Indonesia sebelum dan sesudah merger periode 2015-2021 ditinjau dari metode RGEC.Data penelitian ini diperoleh dari laporan keuangan tahunan dari masing-masing bank yaitu Bank Syariah Mandiri, BNI Syariah, BRI Syariah (sebelum merger) dan Bank Syariah Indonesia (sesudah merger). Kemudian data tersebut diolah menjadi deskriptif dengan menggunakan metode RGEC. Pendektan deskriptif digunakan untuk menunjukkan kinerja keuangan Bank Syariah Indonesia sebelum dan sesudah merger dengan menggunakan metode RGEC.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Perbedaan kinerja keuangan Bank Syariah Mandiri, BNI Syariah, BRI Syariah (sebelum merger) dan Bank Syariah Indonesia (sesudah merger) dengan menggunakan metode RGEC pada indikator risk profile, earnings dan capital terdapat perbedaan antara kinerja keuangan bank sebelum dan sesudah merger. Sedangkan pada indikator GCG tidak terdapat perbedaan sebelum dan sesudah merger. Hal ini menunjukkan bahwa hasil perbandingan akan jauh lebih baik jika menggunakan periode yang sama masing-masing enam tahun. Maka disarankan bagi Bank Syariah Indonesia diharapkan mampu mempertahankan kinerja keuangannya agar semakin baik dan dapat mampu bersaing dengan bank konvensional agar tingkat penetrasi market bank syariah lebih tinggi dibandingkan dengan tingkat penetrasi market bank konvensional.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Deviana, Avindaavind4deviana@gmail.comG94218159
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMustofa, Mustofamustofatok@gmail.com2030107702
Subjects: Akuntansi > Akuntansi Perbankan
Bank Islam
Keuangan
Keywords: Kinerja Keuangan; Merger; Metode RGEC
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Avinda Deviana
Date Deposited: 29 Jun 2023 07:18
Last Modified: 29 Jun 2023 07:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57127

Actions (login required)

View Item View Item