Konstruksi islam wasaṭiyyah di Universitas Islam Lamongan dan Universitas Muhammadiyah Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Irsali, Anfasa Naufal Reza (2022) Konstruksi islam wasaṭiyyah di Universitas Islam Lamongan dan Universitas Muhammadiyah Lamongan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anfasa Naufal Reza Irsali_02040120004.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tesis ini merupakan penelitian tentang konstruksi Islam Wasaṭiyyah di Universitas Islam Lamongan dan Universitas Muhammadiyah Lamongan. Penelitian ini akan menjawab tiga rumusan masalah yaitu sebagai berikut: 1) Bagaimana konsep Islam Wasaṭiyyah di Universitas Islam Lamongan dan Universitas Muhammadiyah Lamongan? 2) Bagaimana karakteristik Islam Wasaṭiyyah di Universitas Islam Lamongan dan Universitas Muhammadiyah Lamongan? 3) Bagaimana konstruksi sosial dalam pengarusutamaan Islam Wasaṭiyyah di Universitas Islam Lamongan dan Universitas Muhammadiyah Lamongan?
Dalam penelitian ini jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan dengan metode kualitatif dan menggunakan pendekatan fenomenologi dengan paradigma interpretatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara sampel bola salju (snowball sampling) dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dianalisis dengan teori kontruksi sosial Peter L. Berger dan Thomas Luckmann dengan pola pikir deduktif dan dianalisis dengan teknik deskriptif analisis. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) konsepsi Islam Wasaṭiyyah di Universitas Islam Lamongan dan Universitas Muhammadiyah Lamongan adalah Islam yang ramah, damai, penuh toleransi dan bukan Islam yang mengedepankan kekerasan atau yang sangat bebas (liberal); 2) Universitas Islam Lamongan dengan doktrin ahl al-sunnah wa al-jama’ah al-nahdliyah dan Universitas Muhammadiyah dengan Tarjih Muhammadiyah mempunyai persamaan dan perbedaan karakter Islam Wasaṭiyyah yang diterapkan. Dari sisi doktrin ajaran keduanya mempunyai dasar masing-masing. Sedangkan dari sisi kemanusiaan, keduanya mempunyai persamaan karakter, seperti menjunjung tinggi keadilan, mengedepankan toleransi, tidak diskriminatif, dan adanya keterpaduan antara perkembangan zaman dan teknologi dengan pemahaman agama Islam; 3) konstruksi sosial Islam Wasaṭiyyah di Universitas Islam Lamongan dan Universitas Muhammadiyah Lamongan dapat dipetakan menjadi 3 momen dialektika, yaitu eksternalisasi, objektifikasi dan internalisasi. Eksternalisasi Islam Wasaṭiyyah di dua kampus tersebut memberikan konsepsi kepada setiap elemen masyarakat yang ada di lingkungan dengan selalu memberikan arahan perihal bagaimana cara menjadi insan yang terbaik, yakni dengan pemahaman Wasaṭiyyah. Objektivasi dilakukan dengan membuat kebijakan, program kegiatan dan adanya kurikulum yang berkaitan dengan Islam Wasaṭiyyah yang menanamkan sikap yang menerima dan menghargai perbedaan dalam lingkungan kampus. Internalisasi dilakukan dengan dua cara yakni sosialisasi primer dan sosialisasi sekunder. Sosialisasi primer dilakukan dengan menjadikan pemahaman Islam Wasaṭiyyah pada mata kuliah Aswaja di UNISLA dan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan di UMLA. Sosialisasi sekunder dilakukan dengan cara membuat program kegiatan, seperti podcast di channel YouTube, kajian Islam, dan kegiatan-kegiatan yang mengarah pada Islam Wasaṭiyyah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Irsali, Anfasa Naufal Rezaanfasanaufal79@gmail.com02040120004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHasyim, Muh. Fathonimufah.hasyim@gmail.com2010015601
Thesis advisorAditoni, Agusagaditoni@yahoo.com2002106201
Subjects: Ideologi Islam
Dirasah Islamiyah
Perguruan Tinggi
Keywords: Islam Wasaṭiyyah; Konstruksi Sosial; Universitas Islam Lamongan; Universitas Muhammadiyah Lamongan
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Anfasa Naufal Reza Irsali
Date Deposited: 29 Jun 2023 01:02
Last Modified: 29 Jun 2023 01:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57129

Actions (login required)

View Item View Item