Problematika pembelajaran daring dalam mata pelajaran pai kelas 8 (perspektif guru dan orangtua) di Smp Al Azhar Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Shiddiqy, Moh. Hasbi Ash (2022) Problematika pembelajaran daring dalam mata pelajaran pai kelas 8 (perspektif guru dan orangtua) di Smp Al Azhar Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh. Hasbi Ash Shiddiqy_D01216020 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui problematika apa saja yang dialami oleh guru mata pelajaraan PAI Kelas 8 dalam proses pembelajaran daring di SMP Al-Azhar Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik dan juga untuk mengetahui problematika apa saja yang dialami oleh orangtua siswa Kelas 8 dalam mata pelajaran PAI dalam proses pembelajaran daring di SMP Al-Azhar Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik. Dengan dipelopori adanya covid-19, sehingga pemerintah membatasi adanya kerumunan sehingga pembelajaran dilaksanakan dengan cara daring. Di awal pembelajaran daring ini banyak guru dan orangtua mengaku mengalami kesulitan dalam mengikuti alur daring. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang didesain dengan penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data dari penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sementara dianalisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian, penulis menemukan problematika yang dialami oleh guru mata pelajara PAI di SMP Al-Azhar adalah dalam hal kesiapan siswa dalam mengikuti daring dengan alasan kekurangan paket data, kedisiplinan siswa dalam mengikuti pembelajaran daring, metode yang digunakan pembelajaran daring, keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran daring, pengumpulan tugas siswa yang masih banyak yang tidak tepat waktu dan pemahaman materi oleh siswa yang dirasa kurang karena terbatasnya ruang antara guru dan murid sehingga guru memiliki banyak kesulitan dalam melaksanakan pembelajaran daring yang sangat jauh berbeda dengan pembelajaran tatap muka. Sedangkan problematika yang dialami oleh orangtua siswa kelas 8 di SMP Al-Azhar adalah waktu yang diperlukan untuk membantu anak dalam mengikuti pembelajaran daring, karena dari orangtua sendiri memiliki kesibukan masing-masing, ibu bekerja untuk rumah sedangkan bapak bekerja diluar untuk memenuhi nafkah keluarga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Shiddiqy, Moh. Hasbi AshHasbiyafi006@gmail.comD01216020
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFaizin, Moh.faizin-ahwan@yahoo.com2015087202
Thesis advisorFahmi, Muhammadfahme_yes@yahoo.com2106087701
Subjects: Metode Pembelajaran
Keywords: Pembelajaran Daring; Pelajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Moh. Hasbi Ash Shiddiqy
Date Deposited: 21 Oct 2023 09:00
Last Modified: 21 Oct 2023 09:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57130

Actions (login required)

View Item View Item