Potensi pasar tradisional perspektif ekonomi Islam dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat di masa pandemi covid-19: studi kasus Pasar tradisional Randegan Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afandi, Zaenal (2022) Potensi pasar tradisional perspektif ekonomi Islam dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat di masa pandemi covid-19: studi kasus Pasar tradisional Randegan Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zaenal Afandi_G74218145_OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni menggunakan metode penelitian kualitatif dengan cara yang digunakan yakni pendekatan deskriptif serta jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Penelitian ini menghimpun cara dengan dilakukannya wawancara secara langsung kepada masyarakat yang berada di pasar tradisional, observasi pasar tradisional serta dokumentasi. Dalam mengelola data, peneliti menggunakan metode penelitian berupa pemeriksaan data (editing), pengorganisasian data (organizing), dan analisis data (analyzing). Hasil dari penelitian ini, Pasar Tradisional Randegan memiliki beberapa potensi dalam peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat terutama para pedagang dan para pekerja yang ada di Pasar Randegan di masa pandemic Covid�19. Potensi pasar yang terdapat di Pasar Tradisional Randegan diantaranya yaitu barang dan produk yang dijual di pasar yang bervariasi, waktu dan tempat pasar tradisional yang strategis, pasar sebagai lapangan pekerjaan, ketergantungan para pembeli, dan potensi penyerapan para perempuan. Potensi peningkatan pasar juga dilihat dari materil, spiritual dan emosional. Yang seluruh para pedagang merasakan adanya peningkatan yang terjadi dihari-hari selanjutnya. Pendapatan bersih yang diterima oleh para pedagang di Pasar Tradisional Randegan rata-rata cukup stabil dan ada yang mengalami peningkatan pendapatan dari tahun sebelumya. Masyarakat dan para pedagang di Pasar Randegan juga memiliki kesadaran dalam diri sendiri untuk bersedekah, zakat dan berqurban. Keadaan masyarakat khususnya para pekerja di Pasar Randegan sejak awal pandemic hingga saat ini mengalami kenaikan meskipun sedikit, yang dapat dilihat dari jumlah pendapatan bersih oleh para pedagang di Pasar Tradisional Randegan. Sesuai dengan hasil penelitian, peneliti memberikan saran kepada masyarakat khususnya para pedagang dan pekerja di area Pasar Tradisional Randegan yang harus memanfaatkan potensi pasar tradisional dengan lebih baik lagi. Selain itu para pekerja di pasar juga harus selalu menerapkan nilai-nilai yang terkandung dalam syariat agama Islam agar apa yang dilakukan dapat terlaksana dengan baik dan penuh keberkahan di dunia dan di akhirat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afandi, Zaenalafandybendoutz32@gmail.comG74218145
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWigati, Srisriwigati@uinsby.ac.id2021027302
Subjects: Jual Beli
Kesejahteraan Sosial
Pedagang
Keywords: Potensi pasar tradisional; perspektif ekonomi Islam; peningkatan kesejahtraan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Zaenal Afandi
Date Deposited: 08 Jun 2023 08:11
Last Modified: 08 Jun 2023 08:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57148

Actions (login required)

View Item View Item