Penerapan Sistem Manajemen Informasi Baznas (SiMBA) dalam pengelolaan zakat di Baznas Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rachma, Aulia Nur (2022) Penerapan Sistem Manajemen Informasi Baznas (SiMBA) dalam pengelolaan zakat di Baznas Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aulia Nur Rachma_G95218038 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Penerapan Sistem Manajemen Informasi BAZNAS (SiMBA) dalam Pengelolaan Zakat di BAZNAS Jombang”. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana penerapan sistem manajemen informasi BAZNAS dalam pengelolaan zakat, dan bagaimana kesesuaian psak 109 dengan sistem manajemen informasi BAZNAS (SiMBA) di BAZNAS Jombang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di BAZNAS Kab. Jombang. Metode penelitian ini mendeskripsikan data dan informasi yang telah dikumpulkan dari sumber data. Pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi, wawancara bersama dengan sumber data, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa BAZNAS Kabupaten Jombang telah menerapkan Sistem Manajemen Informasi BAZNAS (SiMBA) secara baik namun masih tergolong belum maksimal dalam mendukung pengelolaan zakat yang efektif, trransparan, dan akuntabel. Pada pengaplikasian di SiMBA masih ada beberapa laporan keuangan yang belum langsung diinput ke dalam SiMBA dan masih menggunakan pencatatan serta menyusun laporan keuangan secara manual yaitu melalui aplikasi excel. Dalam perlakuan akuntansinya BAZNAS Jombang secara umum telah sesuai dengan PSAK 109, walaupun masih terdapat beberapa hal kekurangan yang belum sesuai dengan PSAK 109.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rachma, Aulia Nurg95218038@uinsby.ac.idG95218038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSaoki, Saokisauqiamin@gmail.com2004047405
Subjects: Manajemen
Zakat
Informasi
Keywords: Penerapan Sistem; SiMBA; BAZNAS
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Aulia Nur Rachma
Date Deposited: 29 Jun 2023 07:07
Last Modified: 29 Jun 2023 07:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57161

Actions (login required)

View Item View Item