Pengaruh strategi pembelajaran giving question getting answer (GQGA) terhadap hasil belajar fiqih kelas IV di MI Masyhudiyah Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nur, Muhammad Fajri Alfiyan (2022) Pengaruh strategi pembelajaran giving question getting answer (GQGA) terhadap hasil belajar fiqih kelas IV di MI Masyhudiyah Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Fajri Alfiyan Nur_D77218047.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji oleh peneliti adalah Apakah strategi pembelarajan GQGA Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Fiqih Kelas IV MI masyhudiyah?. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh strategi pembelajaran GQGA terhadap hasil belajar fiqih kelas IV MI masyhudiyah.” Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif quasy experimental dengan desain Two Group Randomized Subject Post Test Only. Sampel dalam penelitian ini adalah 26 sampel yang diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah uji T-Test dengan jenis uji Independent Sample T-Test guna untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh strategi GQGA terhadap hasil belajar fiqih kelas IV tentang materi shalat ‘idain.Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan presentase ketuntasan belajar siswa setelah diberi perakukan pada kelompok eksperimen dengan menggunakan strategi pembelajaran Giving Question Getting Answer (GQGA) yaitu 88,46% siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Hal tersebut juga dibuktikan berdasarkan hasil uji telah dilakukan peneliti menunjukkan bahwa nilai sig. (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya strategi pembelajaran Giving Question Getting Answer (GQGA) berpengaruh terhadap hasil belajar fiqih kelas IV MI Masyhudiyah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nur, Muhammad Fajri Alfiyanfajrialfiyan18@gmail.comD77218047
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNadlir, Nadlirnadlir@uinsby.ac.id2022076802
Thesis advisorMunawir, Munawirmunawirpgmi@gmail.com2001086501
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Strategi Pembelajaran GQGA; Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: MUHAMMAD FAJRI ALFIYAN NUR
Date Deposited: 01 Jul 2023 10:29
Last Modified: 01 Jul 2023 10:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57175

Actions (login required)

View Item View Item