Pemberdayaan pedagang melalui pengembangan e-commerce di desa bedanten kecamatan Bungah kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Febriyanti, Zania (2022) Pemberdayaan pedagang melalui pengembangan e-commerce di desa bedanten kecamatan Bungah kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Zania Febriyanti_B92218137.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan sebagai upaya pemberdayaan ibu-ibu pedagang di Desa Bedanten, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik, dalam pemanfaatan media sosial atau e-commerce untuk memudahkan pedagang dalam memasarkan produk jualan mereka agar lebih mudah dijangkau oleh masyarakat luas. Ibu-ibu pedagang yang peneliti dampingi telah menjadikan pekerjaan berdagang sebagai pekerjaan utama mereka sejak terjadinya penurunan tenaga kerja akibat dari adanya covid-19 awal tahun 2019. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian ABCD (asset based community development) yaitu berpatok pada potensi dan asset yang dimiliki oleh ibu-ibu pedagang yang peneliti dampingi. Disini peneliti bersama ibu-ibu pedagang belajar bersama dalam pemasaran produk serta pembuatan label untuk produk jualan ibu-ibu pedagang. Hasil dari pemberdayaan yang peneliti lakukan bersama ibu-ibu pedagang adalah melatih dan memberikan pelajaran berharga bagi ibu-ibu pedagang terkait upaya serta langkah untuk mempromosikan produk dan pembuatan label. Disini ibu-ibu pedagang dapat belajar memanfaatkan media dengan sangat baik untuk mengembangkan produk dagangan melalui media sosial serta e-commerce.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Febriyanti, Zaniazaniafeb@gmail.comB92218137
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMansyur, Munirmunirmansyur1959@gmail.com2017035901
Subjects: Dakwah > Dakwah, Masyarakat
Ekonomi Islam
Kesejahteraan Sosial
Pedagang
Dakwah > Pengembangan Masyarakat
Keywords: pemberdayaan; ibu-ibu pedagang; e-commerce
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: zania febriyanti
Date Deposited: 01 Nov 2022 05:31
Last Modified: 03 Nov 2022 05:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57198

Actions (login required)

View Item View Item