Internalisasi etika pendidik dalam Kitab Ȃdabul ‘Ȃlim Wal Muta’allim Karya KH. M. Hasyim Asy’ari di Madrasah Diniyah Al Hamidiyyah Bahrul Ulum Tambakberas Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khikam, AH Nailul (2021) Internalisasi etika pendidik dalam Kitab Ȃdabul ‘Ȃlim Wal Muta’allim Karya KH. M. Hasyim Asy’ari di Madrasah Diniyah Al Hamidiyyah Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
AH. Nailul Khikam_F02319035.pdf

Download (3MB)

Abstract

Internalisasi etika pendidik dalam kitab Ȃdabul ‘Ȃlim Wal Muta’allim karya KH. M. Hasyim Asy’ari adalah proses penanaman etika pendidik yang terkandung dalam kitab tersebut dengan sungguh-sungguh hingga teraktualisasikan dalam bentuk perilaku keseharian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan desain studi kasus. Salah satu alasan studi kasus dipilih sebagai metode penelitian ini, karena penelitian difokusan pada suatu fenomena yaitu internalisasi etika pendidik dalam kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim karya KH. M. Hasyim Asy’ari di Madrasah Diniyah Al Hamidiyah Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. Sumber data primer dalam penelitian ini berjumlah lima responden. Sedangkan sumber data sekunder dalam penelitian ini berupa dokumen dan dokumentasi foto kegiatan di madrasah diniyah. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini berupa: 1) Wawancara tidak berstruktur, 2) Observasi partisipatif moderat, dan 3) Studi dokumentasi. Tujuan dilakukan penelitian ini yaitu untuk memahami, menganalisis, dan mendeskripsikan etika pendidik dalam kitab Ȃdabul ‘Ȃlim Wal Muta’allim karya KH. M. Hasyim Asy’ari yang diinternalisasikan oleh pendidik di Madrasah Diniyah Al Hamidiyyah Bahrul Ulum Tambakberas Jombang dan penerapan etika pendidik dalam kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim karya KH. M. Hasyim Asy’ari yang diinternalisasikan oleh pendidik di Madrasah Diniyah Al Hamidiyyah Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa etika pendidik dalam kitab Ȃdabul ‘Ȃlim Wal Muta’allim karya KH. M. Hasyim Asy’ari yang diinternalisasikan oleh pendidik di Madrasah Diniyah Al Hamidiyyah Bahrul Ulum Tambakberas Jombang, yaitu: berkaitan dengan etika personal pendidik, etika pendidik ketika mengajar, dan etika berinteraksi dengan peserta didik. Sedangkan, penerapan etika pendidik dalam kitab Ȃdabul ‘Ȃlim Wal Muta’allim karya KH. M. Hasyim Asy’ari yang diinternalisasikan oleh pendidik di Madrasah Diniyah Al Hamidiyyah Bahrul Ulum Tambakberas Jombang, berada pada tahap transformasi nilai, transaksi nilai, dan transinternalisasi nilai.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khikam, AH NailulAlkhikama@gmail.comF02319035
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBakar, M Yunus Abuelyunusy@gmail.com2015036501
Thesis advisorZuhri, Achmad Muhibinamizuhry@uinsby.ac.id2011077202
Subjects: Pesantren
Keywords: Internalisasi etika; Internalisasi; Etika Pendidik dalam kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim; Pendidik Madrasah Diniyah.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Nailul Khikam
Date Deposited: 21 Jun 2023 02:06
Last Modified: 21 Jun 2023 02:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57199

Actions (login required)

View Item View Item