Pengembangan game edukasi “Math Planet” sebagai media untuk melatih pemahaman konsep pola bilangan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kusumawardani, Ariska Dwi Putri (2022) Pengembangan game edukasi “Math Planet” sebagai media untuk melatih pemahaman konsep pola bilangan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ariska Dwi Putri Kusumawardani_D74218022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pemahaman konsep merupakan kemampuan yang dibutuhkan dalam melatih pola pikir siswa mengenai ide matematika yang masih tersembunyi. Sayangnya, dalam pembelajaran siswa masih kurang didorong untuk mengembangkan pemahaman konsep. Oleh karena itu, diperlukan adanya sebuah inovasi baru dalam melatihkan konsep-konsep matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game edukasi “Math Planet” sebagai media yang valid dan praktis untuk melatih pemahaman konsep pola bilangan. Model pengembangan game “Math Planet” mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan: analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Uji coba dilakukan pada 5 siswa kelas VIII. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar field note, lembar validasi, dan lembar angket respon siswa. Hasil analisis data menunjukkan game “Math Planet” melalui lima tahapan pengembangan ADDIE. Tahap analisis diperoleh kebutuhan proses pengembangan yang berupa software khusus dan software pendukung. Pada tahap desain diperoleh rancangan tema dan bentuk game ”Math planet”. Pada tahap pengembangan melakukan realisasi dari tahapan desain. Tahap implementasi, melakukan validasi kepada ahli materi dan media serta uji coba kepada siswa. Pada tahap evaluasi, melakukan pengolahan data yang didapat dari tahapan implementasi. Hasil rata-rata total validitas game “Math Planet” dari ahli materi adalah “3,73” dan dari ahli media “3,81” dengan kategori “valid”. Hasil kepraktisan game “Math Planet” secara teori mendapatkan nilai kualitatif “B” yang berarti game “Baik digunakan dengan sedikit revisi”. Sedangkan secara praktik, game “Math Planet” mendapatkan persentase sebesar 82,5 % menandai game “Math Planet” dikatakan praktis secara praktik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kusumawardani, Ariska Dwi Putriariskadwiputrik14@gmail.comD74218022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLubab, Ahmadahmadlubab@uinsby.ac.id2011118102
Thesis advisorKurniawan, Agus Prasetyosugaghost@gmail.com2021088301
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: pemahaman konsep; pola bilangan; game edukasi; game “Math Planet”; RPG Maker MV
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ariska Dwi Putri Kusumawardani
Date Deposited: 29 Jun 2023 00:48
Last Modified: 29 Jun 2023 00:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57200

Actions (login required)

View Item View Item