Tinjauan hukum pidana islam dan hukum positif terhadap tindak pidana pencurian berlanjut: studi putusan nomor 491/Pid.B/2021/PN SBY

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Indrayanti, Nur Laili (2022) Tinjauan hukum pidana islam dan hukum positif terhadap tindak pidana pencurian berlanjut: studi putusan nomor 491/Pid.B/2021/PN SBY. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Laili Indrayanti_C93215077.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini adalah jenis penelitian pustaka (library research). Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data ini adalah dengan cara membaca, memahami dari kumpulan data yang cocok dan sesuai dengan kebutuhan penulis dalam melakukan penelitian. Kemudian dari data yang telah didapatkan lalu dianalisis menggunakan analisis kualitatif.Hasil dari penelitian menyimpulkan bahwa putusan Pengadilan Negeri Surabaya ini tidak sesuai atau melanggar pasal 364 KUHP Jo PERMA No. 2 Tahun 2012 tentang Penyesuaian Batasan Tindak Pidana Ringan dan Jumlah Denda Dalam KUHP. Hal ini berdasarkan pada pasal 362 KUHP Jo pasal 64 ayat (1) KUHP, dimana dalam tindak pidana pencurian secara berlanjut mengenal adanya satu aturan pidana, serta harga barang yang dicuri tidak lebih dari batasan minimal. Maka dari itu, dalam pemutusan pidana sudah menjadi keharusan bagi seorang hakim untuk memperhatikan fakta-fakta sekaligus perundang-undangan yang berlaku. Sedangkan dalam hukum pidana Islam (fiqih jinayah), mengenal adanya pencurian yang dikenakan hukuman ḥadd dan ta’zīr. Hukuman antara keduanya terdapat perbedaan pada nilai barang yang dicuri, didalamnya juga mengatur adanya batas minimal sehingga menjadikan berbeda penjatuhan hukuman. Berdasarkan fakta dalam putusan Pengadilan Negeri Surabaya, kerugian tersebut dibawah batas minimal dalam hukum pidana Islam yaitu ¼ dinar. Maka lebih tepat dan sesuai hukumannya adalah ta’zīr.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Indrayanti, Nur Lailinlindrayanti6@gmail.comC93215077
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHatta, Moh.hattamuhammad644@gmail.com2026107104
Subjects: Hukum Islam > Pencurian
Keywords: Tindak Pidana Ringan; Tindak Pidana Pencurian secara Berlanjut; pencurian; pencuri
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: NUR LAILI INDRAYANTI
Date Deposited: 03 Jun 2023 11:10
Last Modified: 03 Jun 2023 11:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57201

Actions (login required)

View Item View Item