Pembentukan karakter religius peserta didik melalui muatan lokal pendidikan diniyah di SMP Negeri 1 Kabuh Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aidah, Lutvi Nur (2022) Pembentukan karakter religius peserta didik melalui muatan lokal pendidikan diniyah di SMP Negeri 1 Kabuh Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lutvi Nur A'idah_D91218139.pdf

Download (1MB)

Abstract

Muatan Lokal Pendidikan Diniyah merupakan mata pelajaran tambahan yang diterapkan pada sekolah umum jenjang pendidikan dasar (SD) dan menengah pertama (SMP) di kabupaten Jombang. Adapun materi yang diajarkan dalam mulok ini meliputi: Al-Qur’an dan Tajwid, Fiqih (Syariah), Aqidah (Tauhid) dan Akhlak. Dengan adanya mulok pendidikan diniyah diharapkan peserta didik mendapatkan pengetahuan dan pengalaman beragama yang mumpuni serta dapat menanamkan akhlak mulia sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya pembentukan akhlak atau karakter religius peserta didik melalui muatan lokal pendidikan diniyah dan problematika apa saja yang dialami dalam penerapannya.Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun data primer penelitian ini berasal dari wawancara secara mendalam terhadap pembimbing muatan lokal pendidikan diniyah, sementara analisis data dilakukan melalui proses kondensasi, penyajian data dan juga penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Upaya pembentukan karakter religius peserta didik membutuhkan waktu yang lama, perlu tahapan-tahapan panjang untuk sampai kepada internalisasi suatu karakter. Adapun pendidik dalam upaya pembentukan karakter religius menerapkan tiga metode, yaitu: metode pembiasaan, metode keteladanan dan metode penegakan aturan. Dengan melalui lima tahapan, diantaranya: pengenalan, pemahaman, penerapan, pengulangan atau pembiasaan, dan pembudayaan. 2) Permasalahan yang dijumpai pendidik dalam pembentukan karakter religius ini adalah adanya perbedaan latar belakang peserta didik dan terbatasnya waktu di sekolah, sehingga pengawasan dan pemantauan terhadap perkembangan sikap peserta didik tidak berjalan maksimal, maka dari itu perlu adanya kerja sama antara orang tua dengan pihak sekolah agar peserta didik selalu dalam pengawasan dan terkontrol dari dua arah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aidah, Lutvi Nurlutvinur04@gmail.comD91218139
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThobroni, Ahmad Yusamayusamth71@gmail.com2022077101
Thesis advisorSyamsuddin, Syamsuddinsyamsudinuinsby@gmail.com2012096702
Subjects: Akhlak > Akhlak Mulia
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Muatan Lokal; Pendidikan diniyah; Karakter religius
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Lutvi A'idah
Date Deposited: 19 Oct 2023 01:52
Last Modified: 19 Oct 2023 01:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57221

Actions (login required)

View Item View Item