Representasi etos kerja sebagai pesan dakwah dalam Film rentang kisah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nadhifah, Hijratu Rahmatin (2021) Representasi etos kerja sebagai pesan dakwah dalam Film rentang kisah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hijratu Rahmatin Nadzifa_B01217021.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui representasi etos kerja sebagai pesan dakwah dalam Film Rentang Kisah. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan analisis teks media model Semiotik Charles Sanders Peirce. Untuk menjawab masalah yang diambil, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data dengan mengamati dan mencatat secara sistematik terhadap tanda atau simbol pada objek penelitian dan kemudian mengambil beberapa scene yang mengandung pada etos kerja. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa makna etos kerja sebagai pesan dakwah dalam film "Rentang Kisah" tentang ajakan semangat bekerja keras, hidup mandiri, berbagi pada sesama muslim dan bertanggung jawab atas pekerjaan. Bekerja tidak hanya untuk memuliakan diri atau menampakkan kemanusiaannya tetapi juga sebagai manifest amal sholeh atau karya produktif yang memiliki nilai ibadah yaitu dengan memperoleh Ridha-Nya. Serta sebagaimana dalam al-Qur’an bahwa umat muslim di perintahkan oleh allah SWT untuk bekerja keras dan tidak bermalas-malasan. Penelitian ini hanya menentukan tiga jenis tanda yang ada di dalam Analisis Semiotik model Charles Sanders Peirce, yaitu Sign, Object dan Interpretant. Sedangkan elemen yang lain dapat dikaji oleh peneliti selanjutnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nadhifah, Hijratu Rahmatinhijratunadzifa99@gmail.comB01217021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZuhriyah, Luluk Fikrielfikrizz@yahoo.com2004126901
Subjects: Etos Kerja
Keywords: Representasi; Etos Kerja; Pesan Dakwah; Film Rentang Kisah; Analisis Semiotik
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Hijratu Hijratu Rahmatin Nadzifa Moh. Nadzirin
Date Deposited: 14 Jul 2023 04:50
Last Modified: 14 Jul 2023 04:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57223

Actions (login required)

View Item View Item