Pengaruh media Youtube terhadap hasil belajar IPA Kelas IVA di Minu Ngingas Waru sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Melfy, Karenia Putri (2022) Pengaruh media Youtube terhadap hasil belajar IPA Kelas IVA di Minu Ngingas Waru sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surbaya.

[img] Text
Melfy Karenia Putri_D07218015 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penerapan media pembelajaran yang dilakukan dikelas yang cenderung membuat siswa kurang faham dengan materi pembelajaran karena keterbatasan media yang membuat siswa cenderung merasa bosan pada saat pembelajaran di kelas. Permasalahan yang dikaji oleh peneliti adalah Bagaimana pengaruh media youtube terhadap hasil belajar IPA materi sumber energi siswa di Minu Ngingas Waru Sidoarjo? Setelah mengetahui beberapa rumusan masalah yang muncul saat melakukan observasi, maka peneliti merumuskan tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media youtube terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IVA di Minu Ngingas Waru Sidoarjo. Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif pre-experiment dengandesain One Group Pre-test Post-test Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukan berdasarkan analisis data yang sudah di uraikan diatas dilakukan dengan program SPSS 25 dengan hasil perhitungan:Diketahui menunjukan hasil perhitungan yang didapatkan ialah nilai F hitung sebesar 73,100. Dengan signifikan 0,000. Nilai F tabel dengan df1 = 2-1=1, df2 = 35-2 = 33. Maka diperoleh nilai F tabel sebesar 73,100 dan signifikan yang digunakan sebesar 0,000. Hal ini berarti F hitung (73,100 ) ≥ F tabel 4,14 dan signifikansi 0,000 < 0,05 demikian H0 di tolak dan Ha diterima yang berarti bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara variabel media youtube terhadap hasil belajar IPA siwa kelas IVA dan berdasarkan hasil perhitungan pada tabel 4.10 diatas menunjukan bahwa nilai t hitung pengaruh media youtube adalah 8,550 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 . ini berarti nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan t hitung 8,550 > 2,03524 t tabel. Dengan demikian maka H0 ditolak dan Ha diterima, maka media youtube berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPA. Dalam hal ini pembelajaran menggunakan media youtube sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Melfy, Karenia PutriMelvykarenniputri@gmail.comD07218015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNadlir, Nadlirnadlir@uinsby.ac.id2022076802
Thesis advisorMunawir, Munawirmunawirpgmi@gmail.com2001086501
Subjects: Belajar
Guru
Keywords: Pengaruh;Youtube; hasil belajar IPA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: melfy karenia putri
Date Deposited: 11 Oct 2022 05:33
Last Modified: 11 Oct 2022 05:33
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57226

Actions (login required)

View Item View Item