Konseling Islam dengan teknik self management untuk mengatasi insomnia pada mahasiswa tingkat akhir Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yuningsih, Irni Afriani (2022) Konseling Islam dengan teknik self management untuk mengatasi insomnia pada mahasiswa tingkat akhir Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Irni Afriani Yuningsih_B93218139.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi tentang insomnia yang dialami oleh seorang mahasiswa tingkat akhir. Fokus penelitian ini untuk, (1) Bagaimana proses Konseling Islam Dengan Teknik Self Management Untuk Mengatasi Insomnia Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya? (2) bagaimana hasil Konseling Islam dengan Teknik Self Management Untuk Mengatasi Insomnia Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya?, Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya data yang didapatkan dilapangan dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif komparatif dengan membandingkan perspektif teori yang terdiri dari 5 langkah yaitu: identifikasi masalah, diagnosis, prognosis, terapi/treatment, dan follow up. Dalam proses konseling ini, konselor memberikan treatment yakni menggunakan konseling islam dengan teknik self management. Hasil akhir dari proses konseling menunjukkan bahwa konseli mengalami perubahan yang signifikan. Perubahan tersebut seperti konseli sudah tidak bermain handphone saat menjelang tidur, dan dapat menjadi pribadi yang berfikiran positif. Alhamdulillah juga konseli bisa mengikuti seminar proposal pada bulan Maret 2022.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yuningsih, Irni Afrianiirniafriani28@gmail.comB93218139
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorCholil, Cholil-2015066501
Subjects: Bimbingan Konseling
Manajemen
Keywords: Konseling Islam; insomnia; teknik self management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Irni Afriani
Date Deposited: 11 Oct 2022 06:57
Last Modified: 17 Oct 2022 04:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57232

Actions (login required)

View Item View Item