Analisis utilitas produk pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dalam meningkatkan produktifitas dan pendapatan nasabah UMKM di Bank Syariah Indonesia KC Surabaya Dharmawangsa: studi kasus BSI KUR Mikro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Novitria Kulau (2022) Analisis utilitas produk pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dalam meningkatkan produktifitas dan pendapatan nasabah UMKM di Bank Syariah Indonesia KC Surabaya Dharmawangsa: studi kasus BSI KUR Mikro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Novitria Kulau Putri_G04218050.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini dilakukan menggunakan penelitian kualitatif. Tujuan diadakan penelitian ini untuk dapat mengetahui implementasi dari pembiayaan KUR di Bank Syariah Indonesia KC Surabaya Dharmawangsa dan Untuk dapat mengetahui bagaimana Utilitas pembiayaan Kredit Usaha Rakyat dalam peningkatan Produktivitas Dan Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif sesuai dengan studi kasus pada objek yang diambil pada penelitian dengan menggunakan cara deskriptif analisis. Lokasi penelitian dilakukan di kantor Bank BSI KC Surabaya Dharmawangsa dan UMKM penerima KUR KC Surabaya Dharmawangsa. Sumber data terbagi menjadi dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, dokumentasi, dan wawancara kepada nasabah dan pegawai bank bsi. Metode yang diambil digunakan untuk dapat mengetahui fakta yang ada pada lapangan. Hasil penelitian yang didapatkan menjelaskan bahwa implementasi pembiayaan KUR pada BSI KC Surabaya Dharmawangsa berjalan dengan lancar. Pada prosedur pembiayaan KUR BSI KC Surabaya Dharmawangsa dilakukan melalui beberapa tahap yang telah ditentukan oleh BSI KC Surabaya Dharmawangsa tanpa menyusahkan nasabah yang akan mengambil pembiayaan. Pembiayaan KUR berperan dalam mengembangkan produktivitas dan pendapatan UMKM. Pada hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa nasabah yang telah menerima KUR BSI KC Surabaya Dharmawangsa mengalami peningkatan yang signifikan, dapat dilihat dari kenaikan pada pendapatan seperti kenaikan omzet penjualan dan kenaikan pada produktivitas seperti penambahan karyawan, jumlah jam kerja dll pada UMKM.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Novitria KulauNovitriakulauputri@gmail.comNovitriakulauputri@gmail.com
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFatmah, Fatmahfatmah@uinsby.ac.id197507032007012020
Subjects: Bank Islam
Ekonomi
Keywords: KUR; UMKM; pendapatan; produktifitas
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Novitria Kulau Putri
Date Deposited: 11 Oct 2022 06:05
Last Modified: 11 Oct 2022 06:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57236

Actions (login required)

View Item View Item