Komunikasi petani tambak tentang kelangkaan pupuk bersubsidi: studi kasus di Desa Gumeno Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alifuddin, Mohammad Ardhan (2022) Komunikasi petani tambak tentang kelangkaan pupuk bersubsidi: studi kasus di Desa Gumeno Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohammad Ardhan Alifuddin_B95218117 ok.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini membahas komunikasi petani tambak tentang kelangkaan pupuk bersubsidi di Desa Gumeno Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan proses komunikasi, faktor penghambat proses komunikasi, serta strategi para petani tambak Desa Gumeno dalam menyelesaikan persoalan mengenai kelangkaan pupuk bersubsidi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, studi kasus yang digunakan untuk mengetahui fakta dari sebuah fenomena. Teori yang digunakan penelitian ini adalah teori interaksi simbolik dan teori hubungan antarpribadi serta menggunakan teknik pengumpulan data berupa teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa 1) Proses komunikasi antarpribadi yang dilakukan secara tatap muka, dialogis dan bersifat timbal balik. 2) Hambatan yang terjadi dalam proses komunikasi petani tambak ialah hambatan dari pengirim dan penerima pesan yang kurang efektif serta hambatan dari media telekomunikasi. 3) Strategi petani tambak dalam menyelesaikan persoalan tentang kelangkaan pupuk bersubsidi Dalam menciptakan efektivitas komunikasi adalah dengan mengenal khalayak, menentukan tujuan komunikasi, serta menetapkan metode dan memilih media yang digunakan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alifuddin, Mohammad Ardhanaleefuddens82@gmail.comB95218117
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMoefad, Agoes Moh.am.moefad@gmail.com2025087002
Subjects: Komunikasi
Masyarakat
Pertanian
Keywords: Komunikasi; petani tambak; kelangkaan pupuk bersubsidi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Mohammad Ardhan Alifuddin
Date Deposited: 12 Oct 2022 08:51
Last Modified: 12 Oct 2022 08:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57243

Actions (login required)

View Item View Item