Hubungan antara Hope dan Peer Pressure dengan Quarter Life Crisis pada dewasa awal

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maslakha, Alissa Qotrunnada (2022) Hubungan antara Hope dan Peer Pressure dengan Quarter Life Crisis pada dewasa awal. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alissa Qotrunnada Maslakha_J91218076 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Quarter life crisis merupakan suatu reaksi yang intens dari individu yang terjadi pada usia 20-an keatas, dimana individu dihadapkan dengan realita kehidupan sesungguhnya dan perubahan secara terus-menerus. Penelitian ini bertujuan untuk melihat adanya hubungan antara hope dan peer pressure dengan quarter life crisis pada dewasa awal. Rancangan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa skala quarter life crisis, skala hope dan skala peer pressure. Subjek yang digunakan untuk penelitian adalah 425 responden dengan menggunakan teknik sampling yaitu purposive sampling dan analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif antara hope dan quarter life crisis dengan nilai T hitung -17,37 > T tabel 2,24. Selanjutnya, terdapat hubungan positif antara peer pressure dan quarter life crisis dengan nilai T hitung 11,92 > T tabel 2,24. Maka dapat disimpulkan semakin tinggi hope maka semakin rendah tingkat quarter life crisis individu, sebaliknya semakin tinggi peer pressure maka semakin tinggi pula quarter life crisis pada individu. Secara sumbangan efektif hope dan peer pressure secara stimultan memiliki hubungan dengan quarter life crisis sebesar 58%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maslakha, Alissa Qotrunnadaaqotrunnada15@gmail.comJ91218076
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFithri, Rizmarizmafpk@uinsby.ac.id2012037402
Subjects: Masalah sosial
Keywords: Quarter life crisis; harapan; tekanan teman sebaya; dewasa awal
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Alissa Qotrunnada Maslakha
Date Deposited: 11 Oct 2022 08:11
Last Modified: 11 Oct 2022 08:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57247

Actions (login required)

View Item View Item