Implementasi pembelajaran modern dalam menanamkan karakter para santri di Pondok Pesantren Modern ar-Rahmat Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anam, Choirul (2022) Implementasi pembelajaran modern dalam menanamkan karakter para santri di Pondok Pesantren Modern ar-Rahmat Bojonegoro. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Choirul Anam_02040820014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran modern telah diterapkan oleh Pondok Pesantren Ar-Rahmat sejak awal berdiri, dengan adanya pembelajaran modern diharapkan mampu menanamkan karakter para santri sehingga sesuai dengan harapan dari pendiri Pondok Pesantren Ar-Rahmat. Adapun Tujuann Penelitian ini menganaslisis sistem pembelajaran di Pondok Pesantren Ar-Rahmat Bojonegoro, mengetahui Evaluasi pembelajaran modern mampu menanamkan karakter para santri di Pondok Pesantren Ar-Rahmat, dan mengetahui Hasil Pembelajaran Modern dalam menanamkan karakter para santri. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan: mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) sistem pembelajaran di Pondok Pesantren Ar-Rahmat sangat berbeda dengan sekolah umum di luar sana, dimana dalam sistem pembelajarannya menggabungkan kurikulum nasional (kementerian pendidikan dan kementerian agama) dan kurikulum lokal (kepesantrenan). 2). Evaluasi Pembelajaran Modern di Pondok Pesantran Ar-Rahmat dalam menanamkan karakter adalah dengan cara Ustaz melakukan sebuah penilaian kepada siswa/santri setiap harinya. Kemudian di akhir Bulan Ustaz terkadang memberikan rewads kepada siswa. 3). Implementasi pembelajaran modern dalam menanaman karakter para santri adalah para santri berperan aktif dalam pembentukan perilaku sosial yang diperlukan melalui sikap kesadaran, kemandirian, kedisiplinan, serta mengikuti semua kegiatan yang telah di tetapkan oleh pihak pondok pesantren. untuk pembentukan karakter religius para santri dapat dilakukan dengan pembiasaan sehari-hari seperti sholat berjamaah, sholat dhuha, sholat tahajud, belajar Al-Quran serta guru menyelipkan ayat AL-Quran ketika kegiatan pembelajaran. kegiatan tersebut merupakan strategi yang dilaksanakan untuk membentuk perilaku utama karakter para siswa ataupun santri serta berguna untuk menanamkan karakter religius santri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anam, Choirulcontactca9@gmail.com02040820014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbu Bakar, M.Yunuselyunusy@uinsby.ac.id2015036501
Thesis advisorNiam, Khoirunfniam70@yahoo.co.id2025077001
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum
Pesantren
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Implementasi; Pembelajaran Modern; Penanaman; Karakter
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Choirul Aanam
Date Deposited: 29 Jun 2023 10:47
Last Modified: 29 Jun 2023 10:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57256

Actions (login required)

View Item View Item