Akulturasi tradisi tingkeban (studi kasus di desa bakalanrayung kecamatan kudu kabupaten jombang)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohimatin, Yunia (2022) Akulturasi tradisi tingkeban (studi kasus di desa bakalanrayung kecamatan kudu kabupaten jombang). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yunia Rohimatin_A72218081.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Akulturasi Tradisi Tingkeban (Studi Kasus di Desa Bakalanrayung Kecamatan Kudu Kabupaten Jombang)”. Penulisan ini mempunyai dua fokus penulisan, yaitu pelaksanaan upacara Tingkeban di Desa Bakalanrayung Kecamatan Kudu Kabupaten Jombang, dan unsur-unsur budaya yang berakulturasi dalam upacara Tingkeban di Desa Bakalanrayung. Penulisan ini menggunakan metode peneltian sejarah menurut Kuntowijoyo, yaitu dengan beberapa tahapan: pemilihan topik, heuristik, verifikasi, interpretasi, dan historiografi. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan antropologis, yang digunakan untuk menganalisis kajian kebudayaan tradisi Tingkeban melalui berbagai unsur kebudayaan sebagai objek deskriptif dari kebudayaan. Sedangkan teori yang digunakan adalah teori akulturasi dan teori religi dari Koentjaraningrat. Hasil dari penulisan ini adalah (1) tahapan pelaksanaan Tingkeban dimulai dengan penentuan waktu dan tempat, dilanjutkan dengan mempersiapkan barang-barang yang dibutuhkan, persiapan sebelum acara, dan kemudian melaksanakan prosesi acara inti yang terdiri dari khataman, pengambilan cengkir oleh calon ayah, pengajian, siraman dan sesuci, ganti kain atau jarik, dan jualan dawet. (2) terdapat berbagai unsur budaya yang berpadu satu sama lainnya. Unsur-unsur budaya tersebut terdiri dari kepercayaan Animisme dan Dinamisme, budaya Hindu, dan unsur budaya Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohimatin, Yuniayuniarohimatin19@gmail.comA72218081
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuzaiyana, Muzaiyanamuzaiyana@uinsby.ac.id2012086901
Thesis advisorKhodafi, Muhammadm.khodafi@uinsby.ac.id2029117202
Subjects: Akulturasi
Kebudayaan Jawa
Tradisi Islam
Keywords: Akulturasi; Tingkeban; Bakalanrayung
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Yunia Rohimatin
Date Deposited: 13 Oct 2022 03:38
Last Modified: 13 Oct 2022 03:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57257

Actions (login required)

View Item View Item