Pengembangan perangkat pembelajaran kooperatif tipe market place activity berbantuan aplikasi Wordwall untuk meningkatkan minat belajar matematika peserta didik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alifiah, Ericha Rizqi (2022) Pengembangan perangkat pembelajaran kooperatif tipe market place activity berbantuan aplikasi Wordwall untuk meningkatkan minat belajar matematika peserta didik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ericha Rizqi Alifiah_D74218023.pdf

Download (24MB)

Abstract

Minat belajar peserta didik dapat meningkatkan ketekunan belajar yang berdampak pada keberhasilan peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran. Realitanya minat belajar matematika peserta didik masih tergolong rendah. Sudah selayaknya Guru melakukan inovasi dan terobosan baru dalam pembelajaran dengan memilih model pembelajaran yang dapat membuat peserta didik aktif dan saling membantu sehingga pembelajaran menjadi menyenangkan dan mudah. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran kooperatif tipe market place activity. Pada penelitian ini dikembangkan perangkat pembelajaran matematika menggunakan model kooperatif tipe market place activity berbantuan aplikasi wordwall yang valid dan praktis. Pengembangan ini mengacu pada model pengembangan Plomp yang terdiri dari 3 tahapan, yakni tahap penelitian pendahuluan, tahap pembuatan prototipe, dan tahap penilaian. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi modul ajar, LKPD, dan kuis wordwall pada materi aritmetika sosial. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik catatan lapangan dan teknik validasi. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini meliputi lembar catatan lapangan dan lembar validasi (kevalidan dan kepraktisan). Teknik analisis berupa analisis deskriptif menggunakan rata-rata. Hasil proses pengembangan perangkat pembelajaran pada tahap pendahuluan, berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti pada saat Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) bulan September 2021 di UPT SMPN 12 Gresik diketahui bahwa proses pembelajaran masih berpusat pada Guru dan soal-soal yang diberikan diambil dari buku paket. Proses pembelajaran tersebut menjadi pasif dan kurang menarik sehingga peserta didik kurang berminat, kurikulum yang digunakan adalah kurikulum merdeka, dan materi yang digunakan aritmetika sosial. Tahap pembuatan prototipe, dilakukan penyusunan modul ajar, LKPD, dan kuis wordwall yang menggunakan template pengejaran dalam labirin. Tahap penilaian dilakukan dengan memvalidasi prototipe I kepada 2 dosen dan 1 Guru. Perangkat pembelajaran dinyatakan “valid” dengan rata-rata total kevalidan modul ajar sebesar 4,05, LKPD sebesar 4,17, dan kuis wordwall sebesar 4,27. Perangkat pembelajaran juga dinyatakan “praktis” dengan rata-rata total kepraktisan modul ajar sebesar 80,48, LKPD sebesar 82,38, kuis wordwall sebesar 85,45.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alifiah, Ericha Rizqierichaalifiah456@gmail.comD74218023
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKurniawan, Agus Prasetyosugaghost@gmail.com2021088301
Thesis advisorLubab, Ahmadahmadlubab@uinsby.ac.id2011118102
Subjects: Metode Pembelajaran
Matematika
Teknologi
Keywords: Kooperatif; market place activity; minat belajar; wordwall
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ericha Rizqi Alifiah
Date Deposited: 12 Oct 2022 06:00
Last Modified: 12 Oct 2022 06:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57264

Actions (login required)

View Item View Item