Desain wakaf pesantren: studi analisis wakaf melalui aspek akuntabilitas, kapabilitas dan profitabilitas di PP Nurul Jadid Paiton Probolinggo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suib, Mohammad Syaiful (2022) Desain wakaf pesantren: studi analisis wakaf melalui aspek akuntabilitas, kapabilitas dan profitabilitas di PP Nurul Jadid Paiton Probolinggo. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohammad Syaiful Suib_F53318018 OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Wakaf sebagai filantrofi memegang peranan penting dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat. Wakaf dari tahun ke tahun naik signifikan, bahkan mencapai trilyunan. Hal ini memerlukan standart pengelolaan yang baik untuk menciptakan kepercayaan dari masyarakat. Begitu juga profesionalisme dari pengelola wakaf agar wakaf dapat dipertanggungjawabkan secara publik. Studi ini mengeksplorasi desain wakaf di PP Nurul Jadid Paiton yang didasarkan pada upaya untuk mencari desain yang dapat dijadikan model dalam praktek wakaf dilihat dari aspek akuntabilitas, kapabilitas dan profitabilitas. Peneliti berusaha menjawab pertanyaan penting tentang implementasi wakaf di PP Nurul Jadid Paiton serta mengeksplorasi desain wakaf di PP Nurul Jadid Paiton dilihat dari aspek akuntabilitas, kapabilitas dan profitabilitas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, menggunakan pendekatan studi kasus (case study) yang ditopang dengan menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data terkait. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif eksploratif. Hasil penelitan ini menyatakan bahwa Wakaf di Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton merupakan implementasi dari statemen dan rumusan wakaf dari Pengasuh dan Pendiri PP Nurul Jadid Paiton (KH Zaini Mun’im) yang meletakkan dasar-dasar praktek wakaf produktif pada visi, misi, trilogy santri dan panca kesadaran santri yang mendoktrisasi secara tidak langsung terhadap praktek wakaf di PP Nurul Jadid Paiton. Dampak adanya indoktrisasi tidak langsung ini, peran santri dan alumni PP Nurul Jadid Paiton mendominasi pada segala bidang mulai pemerintahan (birokrasi), politisi, tokoh masyarakat, pengasuh pesantren, guru agama, dan lainnya di wilayah tapal kuda.Disamping itu juga wakaf produktif berupa tanah, sawah, tegalan, bangunan dan hasil usaha yang diorientasikan untuk pengembangan usaha, bangunan serta pemberdayaan Sumber daya manusia di PP Nurul Jadid Paiton. Implikasi Teoretik bahwa wakaf sebagai filantrofi tidak hanya terbatas pada fisik saja, akan tetapi pada apek non fisik yaitu wakaf self. beberapa praktek wakaf menunjukkan bahwa dalam teori strukturasi Gidden yang menjadi dasar dalam mempengaruhi prilaku pekerjaan seseorang dalam organisasi, sehingga organisasi berjalan sesuai dengan tujuan organisasi tidak sepenuhnya benar. Akan tetapi di sisi lain hal berbeda, ditunjukkan ada pengaruh lain yang mempengaruhi tindakan seseorang, dan itu melebihi dari teori strukturasi yang dikemukakan oleh Gidden disebut dengan religious ethics behavior atau dalam ekonomi di sebut economic ethics behavior.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suib, Mohammad Syaifulsyaifulsuib@gmail.comF53318018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAl Hadi, Abu Azamabuazam1958@gmail.com2012085801
Thesis advisorArifin, Ah. Aliaaarifin07@gmail.com2014126201
Subjects: Wakaf
Keywords: Wakaf
Divisions: Program Doktor > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mohammad Syaiful Su'ib
Date Deposited: 21 Oct 2023 05:54
Last Modified: 21 Oct 2023 05:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57266

Actions (login required)

View Item View Item