Pengelolaan program green school dalam menumbuhkan karakter peduli lingkungan dan Kreativitas peserta didik di SMPN 6 Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cahyanarah, Febrianti Eka (2022) Pengelolaan program green school dalam menumbuhkan karakter peduli lingkungan dan Kreativitas peserta didik di SMPN 6 Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan AMpel Surabaya.

[img] Text
FEBRIANTI EKA CAHYANARA_D73218042.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab focus penelitian mengenai pengelolaan program green school dalam menumbuhkan karakter peduli lingkungan dan kreativitas peserta didik di SMPN 6 Sidoarjo, faktor pendukung dan faktor penghambat. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, ketua tim green school dan siswa. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengelolaan program green school yang di laksanakan di SMPN 6 Sidoarjo dengan bertujuan meningkatkan serta mengembangkan karakter peduli terhadap lingkungan dari warga sekolah, meskipun program yang dilaksanakan belum maksimal tetapi untuk saat ini pihak sekolah serta seluruuh warga sekolah berusaha agar terwujudnya sekolah adiwiyata. Pengelolaan progrm green school dalam menumbuhkan karakter peduli lingkungan dan kreativitas peserta didik di SMPN 6 Sidoarjo dengan perencanaan dilakukan oleh kepala sekolah yang memiliki program kemudian dirancang oleh tim pengembang. Pengorganisasian menyusun kepanitiaan dengan melibatkan stakeholder. Disusun kepanitiaan untuk menyusun program kerja yang akan dilakukan dalam waktu terdekat misalnya dalam 3 bulan terdekat. Penggerakan menempatkan semua anggota kepanitiaan agar bekerja secara sadar untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan sesuai dengan perencanaan program kerja yang telah dibuat. Pengawasan dilaksanakan setiap tim program kerja melakukan pengawasan sesuai dengan program kerja masing-masing. Upaya yang dilakukan dalam menumbuhkan karakter peduli lingkungan dan kreativitas peserta didik di SMPN 6 Sidoarjo dapat dilakukan dengan cara melakukan melakukan pembiasaan terhadap peserta didik melalui kegiatan rutin merawat tanaman yang telah mereka tanam, koordinasi yang baik antara seluruh warga sekolah, serta bekerja sama dengan guru mata pelajaran prakarya dan seni rupa salah satu contohnya dengan pamanfaatan barang bekas yang dapat diolah kembali kegunanya, memanfaatkan lahan kosong yang dijadikan taman, pembangunan green house yang digunakan untuk pembibitan, melakukan kegiatan rutin yang dilakukan setiap hari jum’at serta menyusun jadwal piket digunakan untuk membersihkan lingkungan sekolah, memanfaatkan barang bekas, serta politera yang diberi slogan-slogan berisikan tentang lingkungan, bank sampah, pengolahan sampah menjadi bahan yang lebih bermanfaat, serta bekerja dengan karang taruna. Faktor pendukung berasal dari warga sekolah, sarana dan prasarana yang mendukung, lokasi sekolah yang strategis, serta berkeja sama dengan mitra lain. Sedangkan faktor penghambat berasal dari internal dan dapat berasal dari kondisi lingkungan sekitar yang kurang mendukung pertumbuhan tanaman.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cahyanarah, Febrianti Ekafebriantieka2@gmail.comD73218042
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMansyuri, Arifmansyuri@uinsby.ac.id0730037901
Subjects: Lingkungan Hidup
Manajemen Pendidikan
Keywords: Green school; Peduli lingkungan; Kreativitas.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Febrianti Eka Cahyanarah
Date Deposited: 13 Oct 2022 06:09
Last Modified: 13 Oct 2022 06:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57268

Actions (login required)

View Item View Item