Litersi wakaf serta model pengelolaan wakaf produktif pada pusat pengelolaan dana sosial (PUSPAS) Universitas Airlangga Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Riski Rimanto, Manto (2022) Litersi wakaf serta model pengelolaan wakaf produktif pada pusat pengelolaan dana sosial (PUSPAS) Universitas Airlangga Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Riski Rimanto_G95218065.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini bertepatan dengan kantor pusat pengelolaan dana sosial di kampus C Universitas Airlangga gedung Rektorat kantor manajemen lantai tiga Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan literasi wakaf yang dilakukan oleh Puspas Universitas Airlangga dan menganalisis model pengelolaan wakaf produktif. Metodologi penelitian ini, menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sebagai teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, data yang digunakan dalam penelitian ini bersumber dari hasil wawancara langsung dengan narasumber terkait penerapan literasi wakaf yang dilakukan oleh Puspas Universitas Airlangga dan juga Pengelolaan wakaf produktig, pengumpulan dokumentasi, serta observasi ke tempat penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan literasi wakaf yang dijalankan Pusat Pengelolaan Dana Sosial Universitas Airlangga ada 2 cara : Melalui Media Sosial dan dilakukan secara offline mendatangi para donatur melalui program-program sudah cukup baik. Selanjutnya, Model pengelolaan wakaf produktif yang dijalankan Puspas Unair dengan analisis Manajemen Pengelolaan POAC (Planning, Organizing, Actuanting, dan Controling) berjalan dengan cukup baik. Proses dimulai dari Planning dengan dilakukannya rencana kerja tahunan. Kedua, Organizing dengan menentukan pekerjaan dan tugas para staf karyawan Puspas. Ketiga, Actuating membahas mengenai program-program tiap koordinator, evaluasi kerja selama satu tahun, dan melakukan perbaikan jika ada permasalahan yang belum terselesaikan. Terakhir, Controling untuk mengontrol suatu kegiatan dan program kerja Puspas. Berdasarkan hasil penelitian diatas diharapkan dapat membantu penelitian lain yang sejenis, karena perlu digaris bawahi setiap situasi sosial dalam penelitian yang terjadi perlu dilakukan wawancara, dokumentasi dan observasi secara mendalam yang berbeda mungkin tidak sama seperti situasi sosial yang ditemui dalam penelitian ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Riski Rimanto, Mantorimantoriski7@gmail.comG95218065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSamsuri, Andrianirimantoriski7@gmail.com2002087603
Subjects: Ekonomi
Wakaf
Keywords: Penerapan literasi; model pengelolaan; wakaf produktif; pusat pengelolaan dana sosial
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Riski Rimanto
Date Deposited: 19 Oct 2022 08:22
Last Modified: 19 Oct 2022 08:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57269

Actions (login required)

View Item View Item