Kh. Ibrahim Ghazali dan Islamisasi Desa Polorejo Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo 1849-1917 m

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

'Arifah, Atsna Zakiyah (2022) Kh. Ibrahim Ghazali dan Islamisasi Desa Polorejo Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo 1849-1917 m. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Atsna Zakiyah _Arifah_A92218093_OK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “KH. Ibrahim Ghazali dan Islamisasi Desa Polorejo Kabupaten Ponorogo 1849-1917 M” mempunyai tiga fokus penelitian yakni (1) Gambaran Umum Masyarakat Desa Polorejo, (2) Biografi KH. Ibrahim Ghazali, (3) peran KH. Ibrahim Ghazali dalam Islamisasi desa Polorejo. Penelitian ini merupakan library research dengan metode penelitian yang digunakan adalah metode sejarah yang menerapkan empat tahap yakni heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan historis dan sosiologi. Pendekatan historis digunakan untuk mengungkap sejarah dan perkembangan Islam dari desa Polorejo, sedangkan pendekatan sosiologi digunakan untuk mengetahui peran islamisasi dari KH. Ibrahim Ghazali. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori kepemimpinan. Teori tersebut berguna untuk mengetahui peran islamisasi yang dilakukan KH. Ibrahim Ghazali.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat diketahui bahwa (1) Polorejo berdiri pada tahun 1675 M berbentuk kabupaten dan mempunyai empat bupati hingga pada tahun 1837 M berubah menjadi desa Polorejo yang mana kondisi masyarakatnya masih dipengaruhi oleh sisa kehidupan dari kerajaan Hindu�Buddha, (2) KH. Ibrahim Ghazali lahir di desa Cokromenggalan kecamatan Babadan pada tahun 1812 M dari pasangan kiai Ghazali dan nyai Sudjinah. (3) Peranan yang dilakukan KH. Ibrahim Ghazali dalam menyebarkan agama Islam di Polorejo diantaranya adalah mendirikan Masjid, mendirikan Pondok Pesantren serta menulis Mushaf Al-Qur’an dan kitab.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
'Arifah, Atsna Zakiyahatsnaakiyy@gmail.comA92218093
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHajar, Imam Ibnuimamibnuhajar@gmail.com2006086802
Thesis advisorNuriyadin, NuriyadinNuriyadin@gmail.com2020017503
Subjects: Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Desa Polorejo; KH. Ibrahim Ghazali; Peran Islamisasi.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Atsna 'Arifah
Date Deposited: 29 Jun 2023 03:31
Last Modified: 29 Jun 2023 03:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57275

Actions (login required)

View Item View Item