Kontribusi Islamic social finance dalam pemberdayaan UMKM di masa pandemi covid-19: studi kasus LAZISMU Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anisah, Farida (2022) Kontribusi Islamic social finance dalam pemberdayaan UMKM di masa pandemi covid-19: studi kasus LAZISMU Jawa Timur. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Farida Anisah_F02419118.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tesis ini dalam Pemberdayaan UMKM di Masa Pandemi Covid-19. Rumusan masalah yang diangkat adalah 1) Bagaimana upaya LAZISMU Jawa Timur dalam meningkatkan kesejahteraan UMKM yang terpuruk akibat pandemi Covid-19 dengan Islamic Social Finance? 2) Bagaimana hasil program pemberdayaan UMKM LAZISMU Jawa Timur pada ketahanan dan pengembangan UMKM di masa pandemi Covid-19?. Jenis penelitian pada tesis ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Lokasi penelitian bertempat di LAZISMU Jawa Timur, LAZISMU kota Surabaya, serta lokasi UMKM binaan. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Serta teknik analisis data menggunakan metode hubberman yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya LAZISMU Jawa Timur dalam meningkatkan kesejahteraan UMKM yang terpuruk akibat pandemi Covid-19 adalah dengan menggunakan dana ISF untuk program pemberdayaan UMKM. Program pemberdayaan di Surabaya dilaksanakan oleh LAZISMU kota Surabaya. LAZISMU kota Surabaya mengemas program ini dengan bantuan pinjaman lunak, pemberian pelatihan kerja dan pengajian rutin bulanan. Hasil dari progam yang dilaksanakan tersebut adalah dari 49 UMKM yang dibina oleh LAZISMU kota Surabaya 42 diantaranya dapat bertahan di tengah pandemi, 2 diantaranya dapat berkembang dan 5 UMKM mengalami keterpurukan dan harus membuka usaha baru ditengah pandemi dengan bantuan modal dari LAZISMU.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anisah, FaridaFaridaanisa434@gmail.comF02419118
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHadi, Abdul-2018115501
Thesis advisorRitonga, Iskandariskandarritonga@yahoo.com2015066502
Subjects: Ekonomi Islam
Wirausaha
Keywords: Kontribusi islamic social finance; pemberdayaan UMKM; masa pandemi covid-19 (Studi Kasus LAZISMU Jawa Timur)
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Anisah Farida
Date Deposited: 18 Oct 2022 02:40
Last Modified: 18 Oct 2022 02:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57276

Actions (login required)

View Item View Item