Kemanusiaan menurut Kahlil Gibran: tinjauan spiritualitas Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Satria, Muhammad Shandy Eka (2022) Kemanusiaan menurut Kahlil Gibran: tinjauan spiritualitas Islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Shandy Eka Satria_A02217027 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul "Kemanusiaan Menurut Kahlil Gibran: Tinjauan Spiritualitas Islam" ini, tergolong dalam jenis penelitian library research (kepustakaan). Mengenai permasalahan yang menjadi bahasan dalam skripsi ini antara lain: (1) konsepsi Kahlil Gibran tentang kemanusiaan? (2) faktor-faktor yang mempengaruhi Kahlil Gibran terhadap kemanusiaan? (3) relevansi pemikiran Kahlil Gibran terhadap problematika kemanusiaan abad ke-21 dan tinjauan kemanusiaannya dalam spiritualitas Islam? Pendekatan yang diterapkan pada penelitian ini, yakni pendekatan kualitatif dan pendekatan sejarah intelektual. Sedangkan metode penelitian yang digunakan ialah, metode analisis isi konten (kajian isi). Lalu perihal teori yang menguatkan penelitian ini, diantaranya (1) teori ekspresif (sastra) (2) teori nilai humanisme atau kemanusiaan (3) teori spirituality 2.o (4) teori spiritualitas Islam dan (5) teori tasawuf. Kesimpulan dari penelitian ini adalah, konsepsi kemanusiaan Kahlil Gibran mendapatkan banyak variasi yang berguna di tiap nilai kemanusiaan. Sedangkan faktor atau inspirasi yang merangkai pemikiran Kahlil Gibran guna membentuk spesialisasinya dalam berkarya, antara lain problematika konflik Lebanon, pergi ke Amerika dan perpaduan Timur-Barat, orang-tua, agama, alam serta kisah cinta. Lalu relevansi pemikiran Kahlil Gibran dalam menjawab peoblematika kemanusiaan abad-21 dengan fenomena yang menghiasinya, yakni keterasingan, yang mana juga telah melemparkan dua dampak, yakni lenyapnya tonggak struktur sosial dan pemburaman makna hidup, bahwa Kahlil Gibran pun mampu memfasilitasinya dengan perbaikan di tiap persoalannya. Kemudian nilai kemanusiaan yang berada pada tinjauan spiritualitas Islam, ialah hurriyah (kebebasan) dan zuhud (menjauh dari nikmat dunia) untuk kebebasan. Wara' (meninggalkan kesamaran) selaras dengan kerjasama. Futuwwah (dermawan) sejalah dengan rela berkorban, tolong menolong dan peduli. Terakhir, istiqamah (sikap lurus) senada dengan solidaritas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Satria, Muhammad Shandy Ekamuhammadshandyestaria17@gmail.comA02217027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSantosa, Nyong Eka Teguh Imannyongeka@uinsby.ac.id2022127603
Subjects: Islam dan Humanisme
Pemikiran
Sejarah Peradaban Islam
Sastra
Keywords: Kahlil Gibran; kemanusiaan dan spiritualitas Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Muhammad Shandy Eka Satria
Date Deposited: 14 Oct 2022 01:40
Last Modified: 14 Oct 2022 01:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57290

Actions (login required)

View Item View Item