Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pemecahan masalah pada materi aljabar ditinjau dari gaya kognitif field independent dan field dependent

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kamaliyyah, Syarifah (2022) Analisis kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pemecahan masalah pada materi aljabar ditinjau dari gaya kognitif field independent dan field dependent. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Syarifah Kamaliyyah_D7218038.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan komunikasi matematis menyangkut bagaimana seseorang mengemukakan sesuatu dari yang diketahui baik secara lisan maupun tulis. Pemecahan masalah membahas mengenai bagaimana seseorang menemukan solusi untuk mencapai suatu tujuan. Dalam proses tersebut peserta didik berbeda-dalam menemukan solusinya, perbedaan tersebut dinamakan gaya kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa secara tulis dan lisan dalam pemecahan masalah materi aljabar dengan gaya kognitif field independent dan field dependent. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SMPN 1 Sukodono. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII-K yang terdiri masing-masing peserta didik dengan tipe gaya kognitif field independent dan gaya kognitif field dependent. Penentuan subjek penelitian tersebut dipilih berdasarkan hasil tes gaya kognitif GEFT (Group Embedded Figure Test). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Instrumen yang digunakan terdiri dari tugas kemampuan komunikasi tulis dalam pemecahan masalah aljabar dan pedoman wawancara untuk kemampuan komunikasi lisan. Hasil dari penelitian menunjukkan kemampuan komunikasi matematis tulis siswa dengan gaya kognitif field independent berada pada tingkat 4 dan kemampuan komunikasi matematis lisan siswa dengan gaya kognitif field independent berada di tingkat 5. Kemampuan komunikasi matematis tulis siswa dengan gaya kognitif field dependent berada pada tingkat 4 dan kemampuan komunikasi matematis lisan siswa dengan gaya kognitif field dependent berada pada tingkat 3.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kamaliyyah, Syarifahsyarifahdiandry@gmail.comD74218038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYanti, Aning Widaaning.widayanti@uinsby.ac.id0007128007
Thesis advisorYudi, Usmanasyifa3.AF@gmail.com2024016501
Subjects: Komunikasi
Keywords: Komunikasi matematis; pemecahan masalah; materi Aljabar; gaya kognitif; field independent; field dependent
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Syarifah Kamaliyyah
Date Deposited: 14 Oct 2022 06:23
Last Modified: 14 Oct 2022 06:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57298

Actions (login required)

View Item View Item