Peningkatan hasil belajar IPA materi Alat Gerak Manusia melalui model Pembelajaran Quantum Teaching pada siswa Kelas V MI Choiriyah Sidogembul Sukodadi Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulidiyah, Inas Sakinah (2022) Peningkatan hasil belajar IPA materi Alat Gerak Manusia melalui model Pembelajaran Quantum Teaching pada siswa Kelas V MI Choiriyah Sidogembul Sukodadi Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Inas Sakinah Maulidiyah_D97217055 ok.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena rendahnya nilai belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi alat gerak manusia pada kelas V MI Choiriytah Sidogembul Sukodadi Lamongan. Hal ini diketahui dari hasil observasi sebelum penelitian dan wawancara terhadap guru dan siswa kelas V serta hasil nilai harian.Penyebab masalah yang terjadi adalah guru dalam mengajar masih menggunakan cara konvensional sehingga membuat siswa merasa bosan, susah menerima materi serta menganggap pelajaran IPA itu sulit. Dari 21 siswa 10 diantaranya berhasil mencapai KKM yang ditentukan yaitu 76. Maka dari itu upaya dalam meningkatkan hasil belajar siswa dapat dilakukan melalui penerapan model Quantum Teaching dalam proses pembelajaran dikelas. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui penerapan model Quantum Teaching untuk meningkatklan hasil belajar IPA materi alat gerak manusia pada siswa kelas V MI Choiriyah Sidogembul Sukodadi Lamongan. 2) Mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi alat gerak manusia melalui model Quantum Teaching pada siswa kelas V MI Choiriyah Sidogembul Sukodadi Lamongan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V MI Choiriyah Sidogembul Sukodadi Lamongan dengan jumlah 21 siswa yang terdiri dari 10 laki-laki 11 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan model Quantum Teaching dalam meningkatklan hasil belajar IPA materi alat gerak manusia sudah diterapkan dengan baik. Dapat dilihat dari perolehan nilai aktivitas guru pada siklus I sebesar 75,92% (cukup) meningkat menjadi 89,28% (baik) pada siklus II. Sedangkan pada aktivitas siswa juga mengalami peningkatan, pada siklus I sebesar 72,36% (cukup) meningkat menjadi 88,75% (baik) pada siklus II. 2) Hasil belajar IPA materi alat gerak manusia melalui model Quantum Teaching mengalami peningkatan. Dapat dilihat dari peningkatan presentase ketuntasan belajar siswa pada pra siklus 47,66% (sangat kurang), siklus I 71,42% (cukup), siklus II 85,71% (baik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulidiyah, Inas Sakinahinas.maulidiyah@gmail.comD97217055
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWakhidah, Nurnurwakhidah@uinsby.ac.id2015127201
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinsihabudin@uinsby.ac.id2020027701
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Peningkatan hasil belajar; IPA; model Quantum Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: IN AS SAKINAH MAULIDIYAH
Date Deposited: 14 Oct 2022 07:31
Last Modified: 14 Oct 2022 07:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57303

Actions (login required)

View Item View Item