Efektivitas pembelajaran Matematika model course review horay berbantuan kuis interaktif terhadap hasil belajar siswa SMP pada materi bilangan bulat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Elvanita, Urfi Riza (2022) Efektivitas pembelajaran Matematika model course review horay berbantuan kuis interaktif terhadap hasil belajar siswa SMP pada materi bilangan bulat. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Urfi Riza Elvanita_D74218040.pdf

Download (2MB)

Abstract

Model pembelajaran Course Review Horay adalah suatu model pembelajaran yang termasuk kedalam pembelajaran kooperatif untuk melatih kerja sama sehingga menyebabkan pemahaman siswa menjadi lebih optimal dan akan berpengaruh terhadap meningkatnya hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Course Review Horay berbantuan kuis interaktif dilihat dari aktivitas siswa, respon siswa dan ketercapaian hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran matematika model Course Review Horay berbantuan kuis interaktif. Penelitian ini diterapkan kepada 32 siswa kelas VII-E yang berlokasi di sekolah UPT SMP Negeri 3 Gresik. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain pretest dan posttest (The One Group Pretest Posttest Design). Adapun analisi data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri atas observasi aktivitas siswa, angket respon siswa, dan tes hasil belajar siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran matematika model Course Review Horay berbantuan kuis interaktif dapat diterapkan dengan baik dan dapat dikatakan efektif karena terbukti (1) aktivitas siswa selama pembelajaran matematika model Course Review Horay berbantuan kuis interaktif diperoleh skor 87,5 sehingga termasuk kedalam kategori sangat baik, (2) Respon siswa dalam pembelajaran matematika model Course Review Horay berbantuan kuis interaktif memiliki nilai 3,0 dengan kategori baik, (3) Hasil belajar siswa pretest nilai rata-rata 63,28. sehingga diberikan perlakuan berupa model Course Review Horay berbantuan kuis interaktif agar terdapat peningkatan hasil belajar setelah diberikan perlakuan maka nilai posttest mendapatkan nilai rata-rata 82,81 dan dikatakan tuntas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Elvanita, Urfi Rizaurfirizaelvanita@gmail.comD74218040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYanti, Aning Widaaning.widayanti@uinsby.ac.id0007128007
Thesis advisorSuparto, Supartoparto2469@gmail.com2002046903
Subjects: Belajar
Matematika
Keywords: Model course review horay; hasil belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Urfi Elvanita
Date Deposited: 18 Oct 2022 03:34
Last Modified: 18 Oct 2022 03:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57306

Actions (login required)

View Item View Item