Peran objek wisata dalam meningkatkan pendapatan masyarakat perspektif ʻAṣabīyyah Ibnu Khaldun: studi kasus yussar fishing and playground Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatmasari, Dewi (2022) Peran objek wisata dalam meningkatkan pendapatan masyarakat perspektif ʻAṣabīyyah Ibnu Khaldun: studi kasus yussar fishing and playground Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dewi Fatmasari_G94218162.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Peran Objek Wisata Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat Perspektif ʻAṣabīyyah Ibnu Khaldun” ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah bagaimana peran objek wisata Yussar Fishing and Playground Sidoarjo dalam meningkatkan pendapatan masyarakat dan bagaimana peran objek wisata Yussar Fishing and Playground Sidoarjo dalam meningkatkan pendapatan masyarakat perspektif ʻAṣabīyyah teori Ibnu Khaldun. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam mengelola data peneliti menggunakan metode editing, organizing, dan analyzing. Pada analisis data, metode yang digunakan adalah reduksi data, pemeriksasan keabsahan data, penafsiran data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa objek wisata berperan dalam peningkatan pendapatan masyarakat dengan pengelolaan desa yang dijadikan sebagai desa wisata. Sebelumnya masyarakat desa ini memiliki pendapatan yang terbatas dan bahkan tidak memiliki pendapatan, dengan objek wisata ini menjadi memiliki pendapatan. Pengembangan objek wisata ini termasuk peralihan, yakni ʻAṣabīyyah berbasis Badawah (tradisional) menjadi ʻAṣabīyyah berbasis Hadarah (modern). Peralihan tersebut membuat masyarakat Desa Kalidawir mampu mengembangkan diri dan potensi yang dimiliki desa mereka. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan objek wisata Yussar Fishing and Playground Sidoarjo memiliki peran yang signifikan dalam memberdayakan masyarakat Desa Kalidawir Kecamatan Tanggulangin Sidoarjo dengan mempertahankan konsep ʻAṣabīyyah Hadarah dalam mengelola keberlangsungan objek wisata ini. Untuk peneliti selanjutnya diharapkan akan mampu melakukan penelitian yang lebih mendalam terkait peran objek wisata dalam meningkatkan pendapatan masyarakat sekitarnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatmasari, Dewidewifatmasari9@gmail.comG94218162
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAzizah, Imroatuliim.azizah1973@gmail.com2011087302
Subjects: Ekonomi Islam
Hukum Islam
Masyarakat
Keywords: Peran objek wisata; Ekonomi dan kesejahteraan; ʻAṣabīyyah Ibnu Khaldun
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: dewi fatmasari
Date Deposited: 29 Jun 2023 13:34
Last Modified: 29 Jun 2023 13:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57326

Actions (login required)

View Item View Item