Pengaruh sosialisasi perpajakan, tarif pajak, sanksi pajak, dan pemberian insentif pajak terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi pemilik UMKM bidang Fashion Komunitas E-UKM Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muttaqin, Muhammad Zainal (2022) Pengaruh sosialisasi perpajakan, tarif pajak, sanksi pajak, dan pemberian insentif pajak terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi pemilik UMKM bidang Fashion Komunitas E-UKM Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Zainal Muttaqin_G92218085.pdf

Download (1MB)

Abstract

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan data primer berupa kuesioner yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada Wajib Pajak Orang Pribadi Pemilik Umkm Bidang Fashion Komunitas E-UKM Kota Surabaya. Teknik pemilihan sampel menggunakan sampling jenuh dengan sampel yang diperoleh sebanyak 80 responden. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi berganda dengan bantuan software SPSS versi 25 yang bertujuan untuk menguji pengaruh sosialisasi perpajakan, tarif pajak, sanksi pajak, dan pemberian insentif pajak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi secara parsial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel sosialisasi perpajakan, tarif pajak, insentif pajak berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi, sedangkan variabel sanksi pajak berpengaruh negatif terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi. Berdasarkan hasil penelitian ini, diharapkan bagi Wajib Pajak Orang Pribadi agar tetap memenuhi kewajiban membayar pajaknya di masa pandemi Covid-19 dan semakin meningkatkan tingkat kepatuhan pajaknya. Bagi pemerintah khususnya Direktorat Jendral Pajak diharapkan agar tetap melakukan segala kegiatan baik sosialisasi perpajakan, penerapan tarif pajak, pemberian sanksi, dan pemberian insentif pajak dengan semaksimal mungkin dan sesuai dengan ketentuan umum perpajakan yang berlaku di masa pandemi Covid-19 ini, agar dapat meminimalisir terjadinya celah yang dapat dimanfaatkan oleh Wajib Pajak dalam meloloskan diri dari membayar pajak yang berakibat menurunnya tingkat kepatuhan wajib pajak serta berdampak pada tidak tercapainya target realisasi penerimaan negara.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muttaqin, Muhammad Zainalmzainalm06@gmail.comG92218085
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBuchori, Imambuchenanina@gmail.com2026096801
Subjects: Akuntansi
Keywords: Sosialisasi perpajakan; tarif pajak; sanksi pajak; insentif pajak; kepatuhan wajib pajak
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Muhammad Zainal Muttaqin
Date Deposited: 26 Oct 2022 05:58
Last Modified: 26 Oct 2022 05:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57328

Actions (login required)

View Item View Item