العناصر الداخلية في مسرحية "روميو وجولييت" لعلي أحمد باكثير: دراسة أدبية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lutfi, Muhammad (2022) العناصر الداخلية في مسرحية "روميو وجولييت" لعلي أحمد باكثير: دراسة أدبية. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Lutfi_A91218105.pdf

Download (2MB)

Abstract

Drama Romeo dan Juliet karya Ali Ahmad Bakatsir tidak terlepas dari unsur intrinsik maupun ekstrinsik, karena tanpa adanya unsur tersebut sebuah karya sastra akan menjadi tidak utuh dan tidak runtut. Fokus permasalahan dalam penelitian ini adalah unsur intrinsik yang terdapat dalam drama Romeo dan Juliet. Untuk menyelesaikan masalah diatas, peneliti menggunakan teori unsur intrinsik yang meliputi tema, tokoh dan penokohan, alur, latar, sudut pandang, gaya bahasa dan amanat. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif kualitatif. Adapun data yang diperoleh dan digunakan penelitian ini ya itu berupa teks dalam drama Romeo dan Juliet. Dan data yang dikumpulkan kata atau teks yang mengandung unsur intrinsik yang ada di dalam drama Romeo dan Juliet. Hasil analisis unsur intrinsik dalam drama Romeo dan Juliet karya Ali Ahmad Bakatsir adalah: Drama ini bertema Cinta sejati antara Romeo dan Juliet. Tokoh utama dalam drama ini adalah Romeo, dan Juliet. Dan tokoh yang lain merupakan tokoh tambahan dalam drama ini. Alur yang digunakan dalam drama ini adalah Alur campuran. Latar tempat dalam drama ini di Kota Verona, sedangkan latar waktu dalam drama ini yaitu pagi hari dan malam hari. Sudut pandang drama ini adalah sudut pandang orang ketiga. Gaya bahasa drama ini 4 kalam khobari ibtida’i, 4 majaz isti’arah tasrihiyah, 1 kalam khobari inkari, 1 kalam khobari tholabi, 6 tasybih, 6 majaz isti’arah makniyah, 4 thibaq, 3 majaz isti’arah tamsiliyah, 2 kalam insya’i ghoiru tholabi qosam, 2 jinas, 1 sajak, 2 iqtibas. Amanat cerpen ini adalah Manusia dapat merencanakan segala sesuatu, namun Tuhan yang membuat keputusan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lutfi, Muhammadmuhammadlutfi066@gmail.comA91218105
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRohim, Fathurfathurrohim0169@gmail.com2025016901
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
Bahasa Arab
Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Keywords: Unsur intrinsik; drama Romeo dan Juliet; Ali Ahmad Bakatsir
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Muhammad Lutfi
Date Deposited: 17 Oct 2022 04:10
Last Modified: 17 Oct 2022 04:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57337

Actions (login required)

View Item View Item