الاستفهام في مسرحية " ماخور الأمم المتحدة " لعلي أحمد باكثير (دراسة بلاغية)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mudawamah, Nafidatus Syarofil (2022) الاستفهام في مسرحية " ماخور الأمم المتحدة " لعلي أحمد باكثير (دراسة بلاغية). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nafidatus Syarofil Mudawamah_A91218111.pdf

Download (2MB)

Abstract

Istifham adalah meminta informasi tentang sesuatu yang tidak diketahui sebelumnya, Istifham sendiri memiliki peran penting dengan menambah wawasan seseorang. Peneliti mengkaji tentang istifham dalam drama “Rumah Bordil Perserikatan Bangsa-Bangsa” Karya Ali Ahmad Bakatsir. Rumusan masalah yang dikemukakan dalam penelitian ini, yaitu : pertama, apa saja adawat istifham dalam drama “Rumah Bordil Perserikatan Bangsa-Bangsa” Karya Ali Ahmad Bakatsir. Kedua, Bagaimana ma’ani (makna) dalam drama “Rumah Bordil Perserikatan Bangsa-Bangsa” Karya Ali Ahmad Bakatsir. Metode yang digunakan oleh peneliti adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan kajian Balaghah. Sumber datanya berupa teks dalam drama “Rumah Bordil Perserikatan Bangsa-Bangsa”. Data yang didapatkan adalah hasil analisis teks drama tersebut dikumpulkan sesuai dengan permasalahan yang ada dalam penelitian ini. Hasil dari analisis dalam drama “Rumah Bordil Perserikatan Bangsa-Bangsa” Karya Ali Ahmad Bakatsir sebanyak 46 data yang mengandung adawat istifham diantaranya : huruf hamzah sebanyak 24 data, huruf hal sebanyak 8 data, huruf ma sebanyak 7 data, huruf man sebanyak 1 data, huruf kaifa sebanyak 4 data, serta huruf aina sebanyak 2 data. Adapun jumlah data yang mengandung ma’ani istifham sebanyak 46 data diantranya : 20 data dalam makna at-taqrir, 4 data dalam makna al-inkar, 2 data dalam makna at-taswiq, 1 data dalam makna at-tahkim, 9 data dalam makna at-tahqir, 1 data dalam makna attanbihu a’la dholal, 6 data dalam makna al-ardu, serta 3 data dalam makna at-taksir.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mudawamah, Nafidatus Syarofilnafidatussyarofil@gmail.comA91218111
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuntaha, Muntaha--2012075901
Subjects: Kesusastraan > Sastra Arab
Bahasa Arab
Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Keywords: Istifham; Drama Rumah Bordil Perserikatan Bangsa-Bangsa; Ali Ahmad Bakatsir
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Nafidatus Syarofil Mudawamah
Date Deposited: 17 Oct 2022 04:03
Last Modified: 18 Oct 2022 07:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57340

Actions (login required)

View Item View Item