Pengaruh kondisi lingkungan keluarga terhadap hasil belajar mata pelajaran PPKN Siswa Kelas IV MI Nurul Islam 01 Sememu Pasirian Lumajang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahma, Faiq Aulia (2022) Pengaruh kondisi lingkungan keluarga terhadap hasil belajar mata pelajaran PPKN Siswa Kelas IV MI Nurul Islam 01 Sememu Pasirian Lumajang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Faiq Aulia Rahma_D97217091.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pengaruh Kondisi Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran PPKn Siswa Kelas IV MI Nurul Islam 01 Sememu Pasirian Lumajang, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN Sunan Ampel Surabaya. Pembimbing 1 : Dr. Nadlir, M.Pd.I dan Pembimbing 2 : Sulthon Mas’ud, S.Ag., M.Pd.I.
Kata Kunci : Kondisi Lingkungan Keluarga, Hasil Belajar
Latar belakang dari penelitian ini adalah menurunnya hasil belajar mata pelajaran PPKn siswa kelas IV MI Nurul Islam 01 Sememu Pasirian Lumajang. Masalah ini muncul ketika sekolah menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh dari rumah. Karena berada dalam keadaan tersebut, siswa semakin lebih sering menghabiskan waktunya dalam lingkungan keluarga. Disinilah kondisi lingkungan keluarga menjadi salah satu faktor yang cukup banyak berpengaruh terhadap capaian hasil belajar siswa. Maka dari itu, penting untuk mengangkat penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kondisi lingkungan keluarga terhadap hasil belajar mata pelajaran PPKn siswa kelas IV MI Nurul Islam 01 Sememu Pasirian Lumajang.
Tujuan dari penelitian: 1) Untuk mengetahui kondisi lingkungan keluarga siswa kelas IV MI Nurul Islam 01 Sememu Pasirian Lumajang. 2) Untuk mengetahui hasil belajar PPKn siswa kelas IV MI Nurul Islam 01 Sememu Pasirian Lumajang. 3) Untuk mengetahui pengaruh kondisi lingkungan keluarga terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas IV MI Nurul Islam 01 Sememu Pasirian Lumajang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Adapun sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MI Nurul Islam 01 Sememu Pasirian Lumajang yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain kuisioner, tes, wawancara, dan
dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Dalam penelitian ini kondisi lingkungan keluarga berada dalam kategori cukup yaitu dengan persentase rata-rata indikator sebesar 67%, 2) Hasil belajar mata pelajaran PPKn siswa kelas IV masih banyak yang tidak tuntas dibuktikan dengan nilai rata-rata 71. 3) Hasil perhitungan penelitian ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh antara kondisi lingkungan keluarga dengan hasil belajar mata pelajaran PPKn siswa Kelas IV MI Nurul Islam 01 Sememu Pasirian Lumajang. Hal ini dapat dilihat dari hasil Fhitung yang lebih besar dari Ftabel yaitu Fhitung = 51,356 > Ftabel = 4,12. Selain itu adanya pengaruh kondisi lingkungan keluarga (X) dengan hasil belajar mata pelajaran PPKn (Y) juga dapat dilihat dari nilai signifikansi pada uji regresi linear sederhana sebesar 0,00 yang kurang dari 0,05.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahma, Faiq Auliafaiqauliarahmah@gmail.comD97217091
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisornadlir, nadlirnadlir@uinsby.ac.id2022076802
Thesis advisormasud, sulthonsulthon.masud@uinsby.ac.id2073091001
Subjects: Belajar
Pendidikan > Hasil Belajar
Keluarga > Keluarga - Anak
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Kondisi Lingkungan Keluarga; Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Vendyk Aji Ashari
Date Deposited: 17 Oct 2022 07:54
Last Modified: 18 Oct 2022 07:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57351

Actions (login required)

View Item View Item