Efektivitas model pembelajaran discovery learning tipe POE (Prediction, Observation, and Explanation) untuk melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran Matematika

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kirana, Rere Dwi (2022) Efektivitas model pembelajaran discovery learning tipe POE (Prediction, Observation, and Explanation) untuk melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran Matematika. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rere Dwi Kirana_D74218036 ok.pdf

Download (12MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis merupakan bagian yang sangat penting dalam kurikulum. Kebutuhan akan kemampuan berpikir kritis berjalan seiring dengan kondisi dunia yang dinamis, cepat berubah, dan tidak mudah diprediksi. Berpikir kritis merupakan salah satu keterampilan abad 21 yang perlu dipersiapkan peserta didik untuk bersaing di era revolusi industri 4.0. Salah satu model pembelajaran yang paling efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik adalah model Discovery Learning tipe POE (Prediction, Observation, and Exolanation). Oleh karena itu, penelitan ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran matematika model Discovery Learning Tipe POE (Prediction, Observation, and Explanation) untuk melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini berjenis deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 28 peserta didik kelas VIII-D di SMP Hasjim Asj’ari Tulangan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan angket. Instumen penelitian yang digunakan adalah lembar soal tes, lembar observasi aktivitas peserta didik, dan angket respon peserta didik. Hasil analisis data tes kemampuan berpikir kritis matematis menunjukkan bahwa setelah diterapkan pembelajaran model Discovery Learning tipe POE (Prediction, Observation, and Exolanation), terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pre test dan post test. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil ketuntasan klasikal pre test yaitu 18% sedangkan hasil ketuntasan klasikal post test yaitu 82%. Hasil observasi aktivitas peserta didik memperoleh nilai rata-rata 3,44 dan mencapai kriteria aktif. Hasil angket respon peserta didik mencapai kriteria cukup positif dengan nilai rata-rata 74,7. Peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan Discovery Learning tipe POE (Prediction, Observation, and Exolanation) efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik, karena telah memenuhi semua kriteria keefektivan yang telah ditentukan dalam penelitian ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kirana, Rere Dwikiranarere3@gmail.comD74218036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.id2028098401
Thesis advisorSetyawati, Maunahmaunah_iain@yahoo.com197411042008012008
Subjects: Metode Pembelajaran
Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Efektivitas; discovery learning; poe; kemampuan berpikir kritis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Rere Dwi Kirana
Date Deposited: 17 Oct 2022 05:34
Last Modified: 17 Oct 2022 05:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57352

Actions (login required)

View Item View Item