Peran ekstrakurikuler patroli keamanan sekolah untuk peningkatan budaya religius dan disiplin siswa di MA Darut Taqwa Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayatulloh, Moh Afif (2022) Peran ekstrakurikuler patroli keamanan sekolah untuk peningkatan budaya religius dan disiplin siswa di MA Darut Taqwa Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh Afif Hidayatulloh_D03218024.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya untuk menyegerakan pelaksanaan program budaya religius maupun budaya disiplin di satuan pendidikan sebagai bentuk pembentukan moral atau karakter bagi siswa-siswi. Dengan ketebalan tingkat religius maupun disiplin yang dimiliki oleh siswa, dalam hal ini perlu adanya upaya penanaman dan peningkatan oleh pihak madrasah, maka segala persoalan terkait kenakalan remaja, kemerosotan kondisi akhlaq dan lain sebagainya akan dapat mudah dikendalikan melalui jenis-jenis program atau pembiasaan tersebut. Dalam upaya pembentukan karakter siswa-siswi banyak sekali pihak yang terlibat, tidak terkecuali dengan kegiatan ekstrakurikuler yang ada di dalam sekolah. Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan positif yang pada pelaksanaanya berada diluar jam pelajaran, baik dilakukan di dalam sekolah maupun diluar sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis peran ekstrakurikuler Patroli Keamanan Sekolah di MA Darut Taqwa, mendeskripsikan dan menganalisis budaya religius siswa di MA Darut Taqwa, mendeskripsikan dan menganalisis budaya disiplin di MA Darut Taqwa, mendeskripsikan dan menganalisis peran ekstrakurikuler Patroli Keamanan Sekolah untuk peningkatan budaya religius dan disiplin siswa di MA Darut Taqwa Pasuruan. Mendeskripsikan dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat peran ekstrakurikuler Patroli Keamanan Sekolah untuk peningkatan budaya religius dan disiplin siswa di MA Darut Taqwa Pasuruan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, menggunakan teknik pengumpulan data yang berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian untuk teknik analisis data penelitian ini menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun keabsahan data penelitian ini menggunakan kredibilitas data, triangulasi sumber data, triangulasi metode, triangulasi teori, member check, transferabilitas, dan dependabilitas. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa (1) peranan ekstrakurikuler Patroli Keamanan Sekolah dalam mendukung kegiatan madrasah dilakukan dengan pengabdian kepada madrasah dan sebagai agen kedisiplinan. (2) budaya religius yang ada di MA Darut Taqwa berupa program ahlan wa sahlan talamidz, dan program sosial keagamaan. (3) budaya disiplin siswa yang ada di MA Darut Taqwa berupa budaya disiplin didalam kelas dan budaya disiplin di lingkungan madrasah. (4) peran Patroli Keamanan Sekolah dalam peningkatan budaya religius dan disiplin siswa adalah dengan memberikan pengawalan, pengondisian, pengontrolan terhadap lingkungan madrasah agar tercipta suasana yang aman dan kondusif. (5) faktor pendukung dan penghambat peranan Patroli Keamanan Sekolah terletak pada sumber daya yang dimiliki dan kemampuan berkomunikasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayatulloh, Moh Afifafifhidayat211@gmail.comD03218024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBawani, Imam BawaniUNSPECIFIED195208121980031006
Thesis advisorMansyuri, ArifUNSPECIFIED197903302014111001
Subjects: Manajemen Pendidikan
Keywords: Ekstrakurikuler; patroli keamanan; budaya religius; disiplin siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: M. Afif H M. Afif Hidayatulloh
Date Deposited: 19 Oct 2022 03:22
Last Modified: 20 Oct 2022 02:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57354

Actions (login required)

View Item View Item