Pengembangan Buku Bimbingan dan Konseling Pranikah sebagai upaya untuk membangun keluarga sakinah pada calon pengantin di KUA Kecamatan Gunung Anyar Tahun 2022

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afidah, Rokhimatul (2022) Pengembangan Buku Bimbingan dan Konseling Pranikah sebagai upaya untuk membangun keluarga sakinah pada calon pengantin di KUA Kecamatan Gunung Anyar Tahun 2022. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rokhimatul Afidah_B03218036 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses-proses yang terlibat dalam pembuatan buku bimbingan dan konseling pranikah bagi calon pengantin serta untuk mengetahui spesifikasi produk buku bimbingan dan konseling pranikah dalam membangun keluarga sakinah bagi calon pengantin dilihat dari aspek ketepatan, kelayakan, dan kegunaan dari buku ini. Ada 2 masalah yang dibahas di penelitian ini. (1) Bagaimana proses pengembangan buku bimbingan dan konseling pranikah sebagai upaya untuk membangun keluarga sakinah bagi calon pengantin di KUA gunung anyar tahun 2022?. (2) Bagaimana spesifikasi buku bimbingan dan konseling pranikah sebagai upaya untuk membangun keluarga sakinah bagi calon pengantin di KUA Gunung Anyar tahun 2022 ditinjau dari aspek ketepatan , kelayakan dan kegunaan?. Proses pengembangan produk ini melalui 7 tahap inti yakni, identifikasi potensi dan masalah, pengumpulan data, mendesain produk, uji ahli produk, revisi produk, uji coba produk, serta revisi produk kembali. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan. Peneliti menggunakan pendekatan (Research and Development) RnD dengan menyusun buku bimbingan dan konseling pranikah dalam membentuk keluarga sakinah bagi calon pengantin yang berisi informasi tentang pernikahan serta upayanya dalam membangun keluarga yang sakinah. Satu temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa buku nasihat dan konseling pranikah untuk keluarga sakinah merupakan evolusi dari genre tersebut. Penemuan potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, modifikasi desain, uji ahli, dan uji coba penggunaan hanyalah beberapa dari tujuh langkah mendasar yang dilakukan untuk membuat buku ini. Buku ini ditulis dengan mempertimbangkan calon pengantin, tetapi siapa pun yang merencanakan pernikahan akan merasakan manfaatnya. Umpan balik positif juga diberikan untuk akurasi, kepraktisan, dan nilai keseluruhan buku.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afidah, Rokhimatulrokhimatulafidah2211@gmail.comB03218036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorCholil, Cholil-2015066501
Subjects: Bimbingan Konseling
Nikah
Keywords: Buku bimbingan dan konseling pranikah; keluarga sakinah; calon pengantin
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Rokhimatul Afidah
Date Deposited: 18 Oct 2022 05:18
Last Modified: 18 Oct 2022 05:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57357

Actions (login required)

View Item View Item