Fenomena narsisme remaja muslimah melalui Tiktok perspektif Jean Paul Sartre

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Hamidy, Ilmi Zahrotin Faidzullah (2022) Fenomena narsisme remaja muslimah melalui Tiktok perspektif Jean Paul Sartre. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ilmi Zahrotin Faidzullah Al Hamidy_E71218040 ok.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kecanggihan era digital saat ini memunculkan berbagai fenomena yang menjadi endemi penyakit di masyarakat. Salah satunya adalah media sosial yang diminati oleh berbagai kalangan masyarakat hingga menjadi sebuah kebutuhan dalam berbagai aspek kehidupan, seperti ekonomi, budaya, politik, teknologi maupun lingkungan. Media sosial juga memunculkan berbagai platform di dalamnya dengan ciri khas dan keunikan masing-masing, salah satunya adalah munculnya aplikasi TikTok yang digandrungi banyak kalangan. Penelitian ini mengulas tentang fenomena narsisme remaja muslimah melalui TikTok. Narsisme menjadi salah satu perilaku akibat dari kemunculan aplikasi TikTok maupun media sosial lainnya yang dapat menimbulkan dampak positif maupun negatif. Konten yang disajikan oleh TikTok sangat beragam, namun problematika yang saat ini sering diperbincangkan adalah konten video narsisme remaja muslimah yang berjoget. Topik tersebut memunculkan inspirasi untuk diangkat dalam sebuah penelitian dengan kajian dari eksistensialisme Jean Paul Sartre. Dengan menggunakan metode kualitatif-deskriptif dan kajian teori Eksistensialisme Jean Paul Sartre menemukan beberapa hasil penelitian yang diantaranya, being and nothingness dan kebebasan yang menjadi latar belakang remaja muslimah dalam mengunggah konten video berjoget di TikTok. Dimana being and nothingness dan kebebasan itu menjadikan seorang remaja muslimah mendapat penilaian dari netizen karena dianggap bereksistensi hingga mencapai sebuah popularitas di TikTok. Hal tersebut dimanfaatkan oleh remaja muslimah tanpa menyadari akan identitas sesungguhnya yang dimiliki sebagai seorang remaja muslimah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Hamidy, Ilmi Zahrotin Faidzullahilmyzahrotin618@gmail.comE71218040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRochmawati, IdaUNSPECIFIED2123017602
Subjects: Remaja, Gaya hidup
Keywords: Narsisme berjoget; remaja muslimah; TikTok; eksistensialisme; kebebasan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Ilmi Zahrotin
Date Deposited: 19 Oct 2022 08:55
Last Modified: 19 Oct 2022 08:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57372

Actions (login required)

View Item View Item