Efektivitas penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terintegrasi Blended Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa di era new normal

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dinata, Irma (2022) Efektivitas penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terintegrasi Blended Learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa di era new normal. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Irma Dinata_D04218005 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan hasil belajar siswa di era new normal sebelum diterapkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning terintegrasi Blended Learning. (2) Mendeskripsikan hasil belajar siswa di era new normal setelah diterapkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning terintegrasi Blended Learning. (3) Mengetahui adanya perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara sebelum dan setelah diterapkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning terintegrasi Blended Learning. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian pre-eksperimental design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMPN 1 Prambon. Teknik sampling yang digunakan yaitu simple random sampling. Adapun yang menjadi sampel penelitian yaitu kelas VIII A SMPN 1 Prambon. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Hasil belajar siswa di era new normal sebelum diterapkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran PBL terintegrasi Blended Learning kurang dari KKM dengan nilai maksimum sebesar 17, nilai minimum sebesar 0, mean sebesar 10,6176, median sebesar 9, modus sebesar 15, dan standar deviasi sebesar 4,67757. (2) Hasil belajar siswa di era new normal setelah diterapkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran PBL terintegrasi Blended Learning kurang dari KKM dengan nilai maksimum sebesar 75, nilai minimum sebesar 25, mean sebesar 60, median sebesar 60, modus sebesar 75, dan standar deviasi sebesar 12,00245. (3) Terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar siswa antara sebelum dan setelah diterapkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran PBL terintegrasi Blended Learning. Namun, rata-rata hasil belajar siswa setelah diterapkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran PBL terintegrasi Blended Learning tidak lebih baik daripada sebelum diterapkan pembelajaran menggunakan model pembelajaran PBL terintegrasi Blended Learning.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dinata, Irmairmadnt12@gmail.comD04218005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.id2028098401
Thesis advisorYanti, Aning Widaaning.widayanti@uinsby.ac.id0007128007
Subjects: Belajar
Matematika
Keywords: Problem Based Learning; Blended Learning; hasil belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Irma Dinata
Date Deposited: 18 Oct 2022 06:31
Last Modified: 31 Oct 2022 07:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57373

Actions (login required)

View Item View Item