Upaya Ibtimes.id dalam pengarusutamaan Islam moderat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Satriyo, Suci Rizki (2022) Upaya Ibtimes.id dalam pengarusutamaan Islam moderat. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Suci Rizki Satriyo_E21215080 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ibtimes.id dalam sebuah portal Islam wasathiyah yang mencerahkan dan memiliki cerdas berislam yang artinya memiliki akal pikiran yang sehat, mempunyai nalar yang kritis dan tajam, serta akal budi yang sempurna untuk memecahkan persoalan kehidupan secara rasional yang menggunakan akal yang sehat. Pengarusutamaan merupakan sebuah proses yang dijalankan untuk menggiring aspek-aspek yang sebelumnya danggap tidak penting atau bersifat marjinal dalam pengambilan keputusan dan pengelolaan aktivitas utama. Istilah Islam moderat merupakan bagian dari ajaran Islam yang universal, Islam moderat memiliki kesamaan dengan istilah Umatan Wasathan secara implisit, Al-Qur'an maupun hadits banyak memaparkan pentingnya sikap moderat, dan menempatkan posisi umat Islam sebagai umat yang moderat dan terbaik. Secara sederhana Islam moderat dimaknai aliran Islam yang akomodatif,toleran, non kekerasan, dan berkembang. Islam moderat merupakan jalan tengah yang jauh dari kekerasan, cinta damai, toleran, menjaga niai luhur yang baik, menerima setiap perubahan dan pembaharuan demi kemaslahatan. Nilai-nilai Islam moderat yakni; al-adl (keadilan), al-tawazun (keseimbangan), al-tasamuh (toleransi). Karakteristik nilai-nilai Islam moderat pada ibitimes.i terefleksikan dalam beberapa hal. diantaranya ialah karakteristik Islam moderat ibtimes.id di atara ekstrem kanan dan ekstrem kiri, karakteristik Islam moderat ibtimes.id diantara tekstualisme dan kontekstualisme, serta karakteristik Islam moderat ibtimes.id di antara turots dan tajdid.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Satriyo, Suci Rizkirizkisat2@gmail.comE21215080
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMahzumi, Fikrifikrimahzumi@uinsby.ac.id2115048201
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Islam dan Ilmu Pengetahuan
Media Massa
Toleransi Islam
Keywords: Pengarusutamaan; Ibtimes.id; Islam moderat
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Suci Rizki Satriyo
Date Deposited: 20 Oct 2022 01:40
Last Modified: 20 Oct 2022 01:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57379

Actions (login required)

View Item View Item