Pengelolaan kurikulum dalam kondisi khusus pandemi covid-19 pada MTS. Putra-Putri Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zuhri, Ubaidillah (2022) Pengelolaan kurikulum dalam kondisi khusus pandemi covid-19 pada MTS. Putra-Putri Lamongan. Pengelolaan kurikulum dalam kondisi khusus pandemi covid-19 pada MTs. Putra-putri Lamongan.

[img] Text
Ubaidillah Zuhri_D93217079.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Pengelolaan kurikulum dalam kondisi khusus Covid-19 pada MTs. Putra Putri Lamongan. Penelitian ini bertujuan untuk mejelaskan Pengelolaan kurikulum dalam kondisi khusus Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Penelitian dilakukan di MTs. Putra Putri Lamongan Informan peneliti ini yaitu Kepala Sekolah, dan Pendidik/Guru. Analisis data, peneliti menggunakan model reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan dalam uji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber, triangulasi metode dan bahan referensi. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa (1) Perencanaan Kurikulum dalam kondisi khusus (Darurat) yang berada di MTs. Putra Putri Lamongan, diawali dengan pembuatan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Yang berisikan materi essensial yang akan diajarkan ke peserta didik (2) Pelaksannan kurikulum darurat di MTs Putra-Putri Lamongan yang dilakukan pertama kali adalah menerapkan perencanaan pembelajaran, dalam hal ini guru membuat RPP dengan simple dan sederhana yang disesuaikan dengan kodisi darurat yakni dengan mengambil pokok-pokok materi pembelajaran yang dikemas secara sederhana, akan tetapi tidak menghilangkan esensi dari pembelajaran itu sendiri (3) Kepala sekolah dalam pelaksanaan kurikulum dalam kondisi khusus di Mts. Putra Putri Lamongan yaitu sebagai developper, akselerator, dan evaluator program tersebut agar lebih baik kedepannya.(4) Peran Pendidik/Guru dalam pelaksanaan kurikulum dalm kondisi khusus di Mts. Putra Putri Lamongan yaitu sebagai implemntator kurikulum yang dimana merupakan ujung tombak dari sebuah penerapan suatu kebijakan atau kurikulum.
Kata Kunci: kurikulum, kurikulum darurat, covid-19

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Article
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zuhri, Ubaidillahuz085733@gmail.comD93217079
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHanun, Asrohahasrohah@yahoo.com2010046801
Thesis advisorAli, Mustofaalimustofa@uinsby.ac.id2025127601
Subjects: Kurikulum
Keywords: Kurikulum; Kurikulum Darurat; Covid-19
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ubaidillah Zuhri Zuhri
Date Deposited: 18 Oct 2022 05:29
Last Modified: 18 Oct 2022 07:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57385

Actions (login required)

View Item View Item