Radikalisme beragama dalam perspektif agama Kristen di Gereja Santa Maria Tak Bercela Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Swadanda, Yan Ariefta (2020) Radikalisme beragama dalam perspektif agama Kristen di Gereja Santa Maria Tak Bercela Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yan Ariefta Swadanda_E02216022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pada dasarnya penelitian ini bertujuan untuk menguraikan radikalisme beragama dalam perspektif agama Kristen di Gereja Santai Maria Tak Bercela Surabaya. Dalam hal ini yang menjadi subjek penelitian yaitu lebih mengarah pada pandangan umat Kristen terkait radikalisme yang beredar hingga saat ini. Peneltian ini berangkat dari rumusan masalah terkait mengenai pandangan umat Kristen di Gereja Santa Maria Tak Bercela Surabaya mengenai radikalisme. Serta kebijakan gereja dalam menangkal radikalisme dilingkungan jemaatnya. Dimana dalam pengumpulan data menggunakan beberapa teknik meliputi observasi, wawancara, dokumentasi. Pengumpulan data tersebut melakukan wawancara dengan objek penelitian dan melakukan observasi serta mengumpulkan dokumentasi guna untuk mendapatkan data secara mendalam. Sehingga data-data yang sudah terkumpul lebih muda untuk dianalisis sesuai dengan teori yang dipilih oleh peneliti yaitu teori tiga tipologi agama dari R.Scoot Appleby. Berangkat dari hasil penelitian, penulis dapat menyimpulkan beberapa hal yaitu pandangan radikalisme dibagi menjadi dua yaitu radikalisme positif dan radikalisme negatif. Sedangkan kebijakan gereja menagkal radikalisme dengan cara memberikan pengarahan khususnya bagi jemaat masing-masing agama mengenai pentingnya toleransi beragama serta bagi pemerintah juga ikut menjaga dan mengawasi para organisasi yang lebih mengarah kepada tindakan atau hal negatif yang bisa merugikan pemeluk agama lainnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Swadanda, Yan Arieftayanarieftaswadanda@gmail.comE02216022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamdi, Ahmad Zainulahmadinung@uinsby.ac.id2018057205
UNSPECIFIEDSiddiq, Akhmada.siddiq@uinsby.ac.id2009087702
Subjects: Agama
Kristen
Radikal dan Radikalisme
Keywords: Radikalisme beragama; agama Kristen di Gereja Santa Maria Tak Bercela
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Studi Agama - Agama
Depositing User: Yan Ariefta Swadanda
Date Deposited: 20 Oct 2022 02:34
Last Modified: 20 Oct 2022 02:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57393

Actions (login required)

View Item View Item