Peran kepemimpinan dalam pengembangan desa wisata berbasis masyarakat di wisata Setigi Desa Sekapuk Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khasanah, Ismawati (2022) Peran kepemimpinan dalam pengembangan desa wisata berbasis masyarakat di wisata Setigi Desa Sekapuk Kabupaten Gresik. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ismawati Khasanah_02040320022.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tesis ini berjudul “Peran Kepemimpinan dalam Pengembangan Desa Wisata Berbasis Masyarakat di Wisata Setigi Desa Sekapuk Gresik” merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang strategi pengembangan pariwisata berbasis masyarakat dan peran kepemimpinan dalam pengembangan desa wisata berbasis masyarakat di wisata Setigi desa Sekapuk Gresik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan fenomenologi-kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, dokumentasi dan observasi langsung kepada Kepala Desa, pemerintah desa, pegawai wisata, serta masyarakat desa Sekapuk untuk menggali info dan pengalaman tentang pengalaman dalam peran kepemimpinan. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa strategi pengembangan bisnis pariwisata sesuai dengan Perdes Sekapuk Nomor 06 Tahun 2018 tentang Rencana Pembangunan Kepariwisataan Desa Sekapuk dan menggunakan konsep community based tourism untuk melibatkan peran masyarakat dalam pengelolaan dan pengembangan wisata. Sedangkan untuk peran kepemimpinan di wisata Setigi telah menjalankan sesuai dengan teori kepemimpinan Covey, yaitu: 1) pathfinding dengan menetapkan dan menjalankan visi misi serta tujuan pembangunan wisata, 2) aligning yaitu dengan membentuk organisasi dan kelompok pendukung untuk melaksakan strategi pengembangan pariwisata, 3)Empowering yaitu dengan memberikan peran kepada masyarakat sebagai bentuk konsep wisata berbasis masyarakat sebagai upaya memberdayakan masyarakat. Saran dari penelitian ini adalah pemberian peran kepada masyarakat dalam kontribusi untuk wisata agar ditingkatkan dan diberikan secara adil dan merata agar masyarakat turut merasakan manfaat dari adanya wisata Setigi sehingga masyarakat bisa produktif dan berdaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khasanah, Ismawatiismawatikhasanah@gmail.com02040320022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAhsan, Muhamadm.ahsan@uinsby.ac.id2021066802
Thesis advisorNurhayati, Nurhayatinurhayati@uinsby.ac.id2027066801
Subjects: Masyarakat
Pariwisata
Kepemimpinan
Keywords: Kepemimpinan; desa wisata; masyarakat
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ismawati Khasanah
Date Deposited: 20 Oct 2022 06:37
Last Modified: 20 Oct 2022 06:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57397

Actions (login required)

View Item View Item