Potensi ekonomi dan peran Pondok Pesantren Darullughah Waddawah dalam pemberdayaan Masyarakat Raci Pasuruan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Milla, Karimatul (2022) Potensi ekonomi dan peran Pondok Pesantren Darullughah Waddawah dalam pemberdayaan Masyarakat Raci Pasuruan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Karimatul Milla G74218088.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pondok Pesantren hampir tersebar di seluruh provinsi di Indonesia. Jumlah pondok pesantren terbanyak berada di Pulau Jawa. Adanya pondok pesantren tidak hanya berperan sebagai lembaga pendidikan, tetapi juga berperan sebagai lembaga sosial dan ekonomi. Hal tersebut dilakukan oleh salah satu pesantren di Pasuruan, Jawa Timur, yakni Pondok Pesantren Darullughah Wadda'wah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi ekonomi pondok pesantren dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat serta mengetahui upaya-upaya yang dilakukan pondok pesantren dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat sekitar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif yaitu metode dalam menganalisis data berdasarkan fakta-fakta yang di lapangan. Data dikumpulkan dari data primer dan data sekunder. Data primer meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan data sekunder melalui jurnal, dokumen, dan literatur lainnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Pondok Pesantren Darullughah Wadda’wah mempunyai potensi ekonomi yang dapat digunakan untuk memberdayakan masyarakat sekitar. Potensi tersebut meliputi sumber daya manusia, potensi unit usaha, dan kepemimpinan Kiyai. Oleh karena itu, pondok pesantren melakukan pemberdayaan atas dasar kemanusian dengan berinteraksi dengan masyarakat, bekerja sama, membuka lapangan pekerjaan, dan melakukan kegiatan sosial. Upaya tersebut memberikan dampak yang baik untuk perkembangan kehidupan masyarakat Raci. Kehidupan sosial masyarakat Raci berubah menjadi lingkungan yang aman. Kemudian mengurangi pengangguran dan meningkatkan pendapatan masyarakat Raci. Prinsip dalam pemberdayaan ini ialah bermanfaat untuk orang lain dan senantiasa menjadikan akhirat sebagai tujuan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Milla, Karimatulkmilla776@gmail.comG74218088
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHakim, Abdulhakim_ekis@yahoo.co.id2004087004
Subjects: Masyarakat
Pesantren
Pemberdayaan
Keywords: Pondok pesantren; pemberdayaan ekonomi; masyarakat; ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Karimatul Milla
Date Deposited: 19 Oct 2022 03:13
Last Modified: 20 Oct 2022 02:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/57414

Actions (login required)

View Item View Item